Tujuan dan Manfaat Penelitian

 Kesehatan

Penelitian bukanlah suatu hal yang bisa dilakukan secara sembarangan atau asal-asalan. Penelitian harus melalui perencanaan yang sangat matang agar hasil yang dicapai sesuai dengan harapan. Dalam melakukan perencanaan penelitian, dibutuhkan yang namanya tujuan dan manfaat penelitian. Kedua hal tersebut menjadi hal terpenting setelah latar belakang dan rumusan masalah. Tujuan dan manfaat memang harus ada di dalam semua jenis penelitian, baik itu penelitian ilmiah maupun penelitian nonilmiah. Melakukan sebuah penlitian sudah seharusnya mempunyai suatu yang akan dituju dari hasil penelitian tersebut dan juga penelitian harus bisa memberikan manfaat bagi peneliti, pembaca, dan masyarakat umum.

Tujuan penelitian adalah suatu indikasi ke arah mana data atau informasi tersebut akan dicapai melalui sebuah penelitian. Tujuan harus dinyatakan dengan sangat tegas dan jelas serta dirumuskan secara konkret dalam bentuk pernyataan yang dapat diamati dan diukur. Di dalam studi mengenai penelitian, tujuan dapat dibagi menjadi dua, yakni tujuan umum dan tujuan khusus. Tujuan umum adalah tujuan penelitian secara keseluruhan yang ingin dicapai oleh peneliti. Tujuan khusus adalah tujuan yang merupakan penjabaran dari tujuan umum, lebih bersifat operasional dan lebih spesifik. Hubungan keduanya adalah bila semua tujuan khusus suatu penelitian tercapai, maka tujuan umum penelitian tersebut sudah pasti tercapai. Tujuan penelitian harus lebih luas cakupannya daripada hal-hal yang dibahas dalam rumusan masalah.

2

Tujuan dan manfaat penelitian. Apakah semua penelitian harus memiliki tujuan umum dan tujuan khusus? Jawabannya adalah tidak harus. Mengapa? Bila di dalam sebuah penelitian, peneliti telah membuat tujuan umum secara rinci, maka tidak diperlukan tujuan khusus. Jika demikian, di dalam penelitian hanya ditulis tujuan penelitian, tanpa tambahan kata umum atau khusus. Yang terpenting adalah tujuan tersebut haruslah sesuai dengan latar belakang dan rumusan masalah yang telah dijabarkan sebelumnya. Tujuan penelitian tidak boleh mengarang atau berbeda dari permasalahn yang dibicarakan, tidak boleh terlalu meluas juga.

Manfaat penelitian adalah dampak, biasanya berupa dampak positif, dari pencapaian tujuan penelitian. Manfaat merupakan hal yang didapatkan ketika rumusan masalah dapat dipecahkan dan tujuan dapat dicapai. Manfaat sendiri bisa dibagi menjadi dua, yakni manfaat praktis dan manfaat teoritis. Secara praktis, sebuah penelitian harus bisa bermanfaat bagi pihak-pihak yang terkait dengan penelitian tersebut, bisa pihak peneliti, objek/subjek penelitian, dan variabel-variabel penelitian di sekitarnya. Secara teoritis, penelitian sebainya mampu memberikan manfaat bagi ilmu pengetahuan yang dipakai sebagai dasar dalam membuat penelitian tersebut. Dengan memberikan manfaat secara teoritis, berarti juga menyumbangkan ilmu baru yang bisa dipelajari oleh peneliti lainnya.

Demikian uraian mengenai tujuan dan manfaat penelitian. Semoga bisa dijadikan bahan referensi bagi Anda yang saat ini tengah melakukan sebuah penelitian. Yang perlu diperhatikan dengan saksama adalah penelitian harus dilakukan dengan sungguh-sungguh, jangan setengah-setengah. Buatlah penelitian dengan tujuan yang pasti dan hasil penelitian tersebut mampu memberikan manfaat bagi orang banyak. Dengan begitu, Anda bisa dianggap sebagai peneliti yang telah berhasil mewujudkan hakikat dari penelitian sebenarnya.

Related Posts