Pengertian WWW (Word Wide Web) Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Mungkin istilah Word Wide Web tidak begitu familiar di telinga kita, bahkan para pengguna internet sekalipun. Hal itu karena ada istilah penggantinya yang jauh lebih dikenal oleh masyarakat, yakni www. Istilah www selalu muncul pertama di benak para pengguna internet saat akan mencari sebuah alamat atau situs di internet. Secara pengertian, apa itu www? Apa pula pengertian www (word wide web) menurut para ahli? Mempelajari mengenai hal ini adalah pilihan yang bijak. Internet telah menjadi teknologi komunikasi yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan manusia modern. Jika kita bisa memahami mengenai salah satu unsurnya, www, kemungkinan kita bisa lebih mudah dalam menggunakan internet untuk kebutuhan sehari-hari.

                Pengertian www (word wide web) menurut para ahli sangat luas karena semua hal yang berhubungan dengan jaringan internet selalu menarik untuk dikupas lebih dalam. Www adalah sebuah media informasi global yang menghubungkan antara pengguna internet ke server serta pengguna lain untuk menyajikan data, dokumen, dan informasi yang dapat digunakan bersama-sama dengan pemformatan bahasa HTML. Www biasa disebut juga dengan web, diambil dari kata terakhir dari kepanjangannya. Banyak orang yang salah mengartikannya, web diidentikkan sebagai internet tersendiri. Padahal kenyataannya web merupakan bagian dari internet. Internet terbentuk terlebih dahulu daripada web, sehingga sejarah web muncul jauh setelah sejarah internet mulai dipelajari banyak orang.

4

                Meski banyak orang menyamakannya dengan internet, tak sedikit pula yang sesungguhnya memahami makna word wide web dengan benar. Berikut ini adalah pengertian www (word wide web) menurut para ahli, yang kemungkinan bisa memperjelas bahwasanya ia tidak bisa disamakan dengan internet.

  • Menurut Budi Hardiman, www adalah fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh.
  • Menurut McLeod, www adalah informasi yang dapat diakses melalui internet di mana dokumen-dokumen komputer disimpan dan bisa diambil dengan cara menggunakan metode penentuan alamat yang unik.
  • Menurut Suwanto Rahardjo, www adalah layanan internet yang paling banyak digunakan dibandingkan dengan layanan internet lainnya seperti ftp, news, gopher, flaship, atau bahkan email.
  • Menurut Akbar Kaelola, www adalah media untuk dapat berbagi dokumen, gambar, film, musik, dan informasi, serta menjual barang dan jasa.
  • Menurut Taufiq Hidayatullah, www adalah bagian yang paling terlihat sebagai jaringan terbesar di seluruh dunia.
  • Menurut Yuhefizar, www adalah metode yang digunakan untuk menampilkan informasi internet dan dapat diakses melalui browser.
  • Menurut Haertalib, www adalah sebuah temoat di internet yang memiliki nama dan alamat tersendiri.
  • Menurut Djong, www adalah salah satu fasilitas di internet untuk layanan website yang biasanya menggunakan protokol http.
  • Menurut Thomson, www adalah koleksi untuk sumber informasi yang kaya grafis dan saling berhubungan antara satu dengan yang lain dalam jaringan internet yang lebih besar.
  • Menurut Lisa Kuswayatno, www adalah layanan internet dengan konsep hypertext antar dokumen yang saling berkaitan.
  • Menurut Feri indayudha, www adalah program yang memuat gambar, suara, musik, serta film yang ditampilkan melalui jaringan internet.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian moral , pengertian kepemimpinan , pengertian saham , pengertian islam , pengertian www , pengertian cinta , pengertian blog , pengertian pengetahuan , pengertian laporan , pengertian browser , pengertian olahraga

Related Posts