Pengertian Saham Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Keberadaan istilah saham pasti sering Anda dengar di bidang perekonomian dan bisnis. Saham bukan merupakan bahan atau materi perbincangan yang bisa dibicarakan dengan santai. Tak semua kalangan membicarakan topik satu ini. Memang saham bukan bahan pembicaraan ringan yang bisa diobrolkan di warung-warung kopi atau sambil lalu. Saham merupakan bahan perbincangan penting yang hanya dibicarakan oleh orang-orang atau komunitas tertentu. Sebenarnya apa saham itu? Mengapa saham bukan merupakan bahan perbincangan ringan yang bisa dibicarakan oleh banyak orang? Apa pula pengertian saham menurut para ahli perekonomian dan bisnis?

                Saham merupakan salah sat jenis surat berharga. Saham bisa dimaknai sebagai tanda penyertaan modal pada perseroan terbatas (PT) dengan tujuan untuk memperoleh penghasilan dari keberadaan saham tersebut. Selain itu, saham juga bisa diartikan surat berharga berupa instrument bukti kepemilikan atau penyertaan dari individu atau institusi dalam suatu perusahaan. Investasi saham saat ini memang menjadi hal yang sangat popular. Keuntungan yang berlipat menjadi incaran banyak investor untuk “bermain” di dunia saham ini. Setiap hari harga saham setiap perusahaan bisa berubah, bisa naik dan turun secara fluktuatif tergantung dengan banya aspek, misalnya minat masyarakat terhadap bisnis tersebut, harga dollar, dan sebagainya.

2

                Selain pengertian secara umum, saham juga bisa diartikan sesuai dengan ilmu yang dimiliki seseorang. Berikut ini adalah beberapa pengertian saham menurut para ahli ekonomi dan bisnis. Definisi berikut ini bisa menjadi penjabaran lebih rinci atas pengertian secara umum di atas.

  • Menurut Gitman, saham adalah bentuk paling murni dan sederhana dari kepemilikan perusahaan.
  • Menurut Bernstein, saham adalah selembar kertas yang menyatakan kepemilikian dari sebagian perusahaan.
  • Menurut Mishkin, saham adalah sekuritas yang memiliki klai terhadap pendapatan dan asset sebuah perusahaan. Adapaun makna sekuritas adalah klaim atas pendapatan masa depan seorang peminjam yang dijual oleh peminjam kepada yang meminjamkan.
  • Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), saham adalah (1) bagian, andil, sero (2) sumbangan (3) surat bukti pemilikan bagian modal perseroan terbatas yang memberi ha katas dividend an lain-lain menurut besar kecilnya modal yang disetor (4) hak yang dimiliki orang terhadap perusahaan berkat penyerahan bagian modal sehingga dianggap berbagi dalam pemilikan dan pengawasan.

                Dari keterangan di atas dikatakan bahwa seseorang memiliki saham dengan tujuan untuk mendapat keuntungan berlipat. Keuntungan tersebut bisa didapat dengan dua cara. pertama, untuk investor yang mampu memilih saham yang bagus berharap harga jual saham akan jauh lebih tinggi daripada harga beli yang ia keluarkan. Sehingga uang yang didapat bisa berkali lipat dari uang yang dikeluarkan. Kedua, investor yang pintar akan membeli saham pada perusahaan dengan kinerja yang bagus. Dengan harapan bahwa kinerja yang bagus akan mengakibatkan pendapatan yang bagus pula, sehingga pembagian laba atau keuntungan yang masuk ke kantong investor menjadi bertambah.

                Pengertian saham menurut para ahli di atas akan semakin lengkap bila kita juga mengetahui jenis-jenis saham. Ada dua jenis saham, yakni saham biasa dan saham preferen. Saham biasa adalah efek penyertaan kepemilikan dari badan usaha berbentuk perseroan terbatas. Sedangkan saham preferen adalah saham yang mempunyai sifat gabungan antara obligasi dan saham biasa.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian moral , pengertian kepemimpinan , pengertian saham , pengertian islam , pengertian www , pengertian cinta , pengertian blog , pengertian pengetahuan , pengertian laporan , pengertian browser , pengertian olahraga

Related Posts