Pengertian Microsoft Access Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Sebagai salah satu bagian dari keluarga Microsoft Office, tentunya Microsoft Access sudah tidak asing lagi bagi Anda. Apalagi bagi Anda yang sudah terbiasa dengan teknologi komputerisasi. Apa sebenarnya Microsoft Access itu? Seperti apa pengertian Microsoft Access menurut para ahli adalah? Microsoft Access atau disebut juga dengan Microsoft Office Access merupakan sebuah program aplikasi berbasis data komputer relasional yang ditujukan untuk komputer di rumahan atau perusahaan kecil hingga menengah. Program aplikasi ini menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan penggunanya dalam mengoperasikannya. Selain itu, Microsoft Acces juga menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine.

Microsoft Access pertama kali dirilis tahun 1992, tepatnya bulan November, dengan versi Microsoft Access 1.0. Setelah itu, muncul versi lanjutan, yakni versi 2.0 pada tahun 1993. Versi 2.0 ini muncul dengan tujuh buah desket floppy berukuran 1.44 megabyte. Aplikasi tersebut bekerja dengan sangat baik pada basis data dengan banyak record. Namun, meski begitu ada beberapa kasus yang menyebutkan bahwa data mengalami kerusakan yang disebabkan oleh driver perangkat yang sudah lama atau konfigurasinya yang tidak sepenuhnya dipasang dengan benar. Selanjutnya, versi dari Microsoft Access ini berturut-turut semakin berkembang pada tahun 1995, 1997, 1999, 2001, 2003, 2007, dan 2010. Versi terbaru yakni Microsoft Access 2010 telah mengalami banyak perubahan dan penyempurnaan yang semakin memudahkan pengguna dalam pengoperasikannya.

9

Berdasarkan pengertian Microsoft Access menurut para ahli, fungsi atau kegunaan dari aplikasi ini adalah untuk mengolah program database dengan cara canggih yang menawarkan berbagai kemudahan, seperti pengaturan data, pembuatan form, pembuatan laporan, penyaring data, dan lain-lain. Ada beberapa hal yang berkaitan dengan aplikasi Microsoft Access, yakni database, DBMS, RDBMS, query, dan sql. Database adalah kumpulan data yang dipakai dalam suatu lingkup tertentu, seperti kantor, instansi, sekolah, dan lain-lain. DBMS adalah kumpulan software yang dipakai untuk menangani semua akses ke database, berfungsi untuk membuat, mengakses, memanipulasi, dan memelihara database. RDBMS adalah sekumpulan data yang disimpan dengan cermat agar mudah diambil informasinya dan data-data tersebut saling berhubungan. Query adalah bahasa yang digunakan untuk melakukan manipulasi pada database yang telah distandarkan dan dikenal dengan nama Structured Query Language (SQL). SQL sendiri adalah bahasa yang digunakan untuk mengakses basis data yang rasional.

Aplikasi Microsoft Access ini lazimnya digunakan oleh perusahaan-perusahaan kecil dan menengah juga para progarammer untuk membuat sebuah sistem sendiri yang digunakan untuk menangani pembuatan dan manipulasi data. Beberapa pengembang aplikasi ahli , yang termuat dalam pengertian Microsoft Access menurut para ahli, memakai Microsoft Access untuk mengembangkan aplikasi secara tepat, khususnya dalam pembuatan purwarupa yang digunakan untuk program yang lebih besar dan aplikasi yang berdiri sendiri untuk para salesman. Namun, sayangnya aplikasi ini kurang begitu bagus bila diakses melalui jaringan sehingga aplikasi yang dipakai kebanyakan menggunakan solusi sistem manajemen basis data yang bersifat server. Keunggulan dari Microsoft Access ini adalah kompatibilitasnya dengan bahasa pemrograman Structured Query Languange (SQL).

Related Posts