Pengertian Transportasi Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Sebagai masyarakat yang tinggal di negara berkembang, tentunya kita telah mengetahu dengan jelas apa itu transportasi dan bagaimana bentuknya. Namun, tak banyak orang yang tahu mengenai pengertian transportasi itu sendiri, termasuk juga dengan pengertian transportasi menurut para ahli adalah. Sistem transportasi yang semakin waktu semakin maju ini membuat banyak para pakar turut melakukan penelitian mengenai hal tersebut. Di Indonesia saja sistem transportasi sudah berkembang sedemikian pesatnya, mulai dari transportasi darat, udara, hingga transportasi laut. Semuanya tersedia dengan pilihan yang beraneka ragam dan berbagai keunggulan. Tak heran bila kajian mengenai transportasi akan terus berkembang sampai waktu yang tidak bisa ditentukan.

Transportasi adalah alat yang digunakan oleh manusia atau benda untuk berpindah dari satu tempat ke tempat yang lainnya dengan menggunakan kendaraan yang digerakkan oleh manusia atau mesin. Alat yang disebut transportasi ini dibuat untuk memudahkan manusia dalam aktivitas sehari-hari yang membutuhkan perpindahan tempat. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), transportasi adalah pengangkutan barang dengan berbagai jenis kendaraan sesuai dengan kemajuan teknologinya. Selain dua pengertian tersebut, berikut ini ada beberapa pengertian transportasi menurut para ahli, yakni.

8

  • Menurut Tamin, transportasi adalah suatu sistem yang terdiri atas sarana dan prasarana sistem pelayanan yang memungkinkan adanya pergerakan ke seluruh wilayah sehingga bisa terakomodasi mobilitas penduduknya. Pergerakan tersebut dimungkinkan untuk barang dengan akses ke semua wilayah.
  • Menurut Papacostas, transportasi adalah sistem yang terdiri atas fasilitas tertentu beserta arus dan sistem kontrol yang memungkinkan orang atau barang mampu berpindah dari satu tempat ke tempat lain secara efisien untuk mendukung aktivitas manusia.
  • Menurut Warpani, transportasi adalah suatu kegiatan atau aktivitas perpindahan orang dan barang dari tempat asal ke tempat tujuan dengan menggunakan kendaraan.
  • Menurut Marlok, transportasi adalah memindahkan atau mengangkat sesuatu dari satu tempat ke tempat yang lain.
  • Menurut Kamaludin, transportasi adalah mengangkut atau membawa sesuatu ke sebelah lain atau dari satu tempat ke tempat lainnya.
  • Menurut Bowersox, transportasi adalah perpindahan penumpang atau barang dari satu lokasi ke lokasi lain dengan kendaraan yang digerakkan atau dipindahkan ke lokasi yang dibutuhkan atau diinginkan.

Sistem transportasi bisa dibagi berdasarkan beberapa segi, yakni segi barang yang diangkut, segi geografis, serta segi teknis dan alat pengangkutnya. Dari segi barang yang diangkut bisa dibagi menjadi angkutan penumpang, angkutan barang, dan angkutan pos. Dari segi geografis dibagi menjadi angkutan antar benua, angkutan continental (antar negara), angkutan antar daerah, angkutan antar kota, dan angkutan dalam kota. Sedangkan dari segi teknis dan alat pengangkutnya bisa dibagi menjadi pengangkutan jalan raya, pengangkutan jalan rel, pengangkutan jalur air, pengangkutan pipa, dan pengangkutan udara. Pengertian transportasi menurut para ahli jelas mengambil peranan dalam pengklasifikasian tersebut. Hal tersebut sejalan dengan fungsi transportasi, yakni memindahkan segala barang dan makhluk hidup dari satu tempat ke tempat yang lain dengan berbagai macam kendaraan. Transportasi menjadi salah satu hal yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan manusia, terutama manusia di kehidupan modern saat ini.

Related Posts