Manfaat Toge bagi Kesehatan

 Kesehatan

Toge atau biasa juga disebut dengan tauge atau kecambah merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak mengandung senyawa bersifat fitokimia. Toge termasuk tumbuhan (sporofit) muda yang bru saja berkembang dari tahap embrionik di dalam biji. Tahap perkembangan tersebut disebut perkecambahan dan merpakan satu tahap kritis dalam kehidupan tumbuhan. Tanaman ini berasal dari biji-bijian seperti kacang hijau dan kacang kedelai. Karena berasal dari kacang, sudah jelas kandungan gizi dan nutrisinya tidak perlu diragukan. Manfaat toge bagi kesehatan pun akan berlimpah sesuai dengan kandungan bahan bakunya. Toge biasanya dimanfaatkan sebagai sayuran dan dimasak dengan bahan-bahan lainnya, bisa diolah dengan cara ditumis, direbus sebagai urap, isi lumpia, bahkan dimakan mentah juga nikmat.

Dari kesemua cara olahan tersebut, dikonsumsi secara mentah jelas lebih baik karena zat muda di dalam toge masih utuh. Bila tidak suka dengan rasa toge mentah yang sedikit “aneh”, Anda bisa mencampurnya di sup atau kuah yang baru matang. Usahakan jangan memasak toge sampi benar-benar matang karena kandungan gizi dan vitaminnya mudah sekali hilang. Bila Anda mencelupkan toge ke dalam air mendidih lalu segera ditiriskan, kerusakan nutrisinya diperkirakan hanya 20%. Namun, bila mencelupkannya sangat lama pada air mendidih, kerusakan nutrisinya bisa mencapai 60%. Toge memiliki banyak manfaat bagi tubuh karena kandungannya yang beragam, seperti senyawa fitokimia, kanavanin, vitamin C, vitamin A, vitamin B, vitamin E, serat, niacin, protein, karbohidrat, asam folat, fosfor, seng, potassium, kalium, dan zat besi. Yang lebih mencengangkan lagi, ternyata kandungan protein di dalam toge lebih besar dibandingkan pada kacang hijau, biji aslinya.

2

Berbagai kandungan tersebut membuat toge kaya akan manfaat. Berikut ini adalah manfaat toge bagi kesehatan.

  • Meningkatkan kesuburan karena kandungan vitamin E di dalamnya.
  • Mencegah serangan jantung karena saponin di dalam toge mampu menurunkan kadar kolesterol tanpa mengganggu kandungan kolesterol baik di dalam tubuh.
  • Mencegah penyakit kanker karena banyak mengandung serat dan air yang mampu membantu pengeluaran kotoran di dalam usus sehingga tidak memberi kesempatan pada zat-zat penyebab kanker menempati dinding usus.
  • Menguatkan tulang karena estrogen di dalam toge mampu meningkatkan kepadatan tulang, susunan tulang, dan mencegah osteoporosis.
  • Meningkatkan kecantikan kulit karena kandungan vitamin E yang mampu meremajakan dan menghaluskan kulit, menghilangkan flek-flek hitam, menyembuhkan jerawat, dan melangsingkan tubuh.
  • Mencegah penuaan dini karena kandungan antioksidan yang sangat kuat dan padat.
  • Menjaga dan meningkatkan keasaman lambung karena toge bersifat basa sehingga sangat baik bagi pencernaan.
  • Meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh karena kaya zat antioksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas perusak sel DNA.
  • Menghindarkan wanita dari kanker pay*udara, gangguan menjelang menstruasi, dan gangguan akibat menopause.

Dengan banyaknya manfaat toge bagi kesehatan, tak perlu ragu lagi untuk mengonsumsi toge secara rutin dan teratur. Harga toge yang relatif murah tentu menjadi hal yang sangat menguntungkan, mengingat manfaatnya yang sangat berlimpah. Toge juga mudah diolah menjadi berbagai macam masakan yang lezat sehingga semakin membangkitkan semangat untuk mengonsumsinya.

Related Posts