Pengertian Komitmen Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Mendengar kata komitmen, apa yang ada di benak Anda? apakah sama dengan istilah janji? Atau keduanya memiliki perbedaan? Komitmen dan janji merupakan dua hal yang sama, meski komitmen memiliki mkana yang lebih mengikat dan luas. Pengertian komitmen menurut para ahli adalah menjelaskan bahwa komitmen merupakan suatu janji yang diucapkan seseorang pada diri sendiri dan orang lain dan harus tercermin dalam tindakan atau perilaku kita. Komitmen juga dianggap sebagai sebuah pengakuan seutuhnya yang berasal dari watak atau karakter seseorang yang keluar secara spontan dari dalam dirinya. Sedangkan janji biasanya bersifat lebih ringan, dalm artian tidak terlalu mengikat dan tidak menimbulkan beban moral sebesar komitmen.

Komitmen berasal dari bahasa Latin commiter yang bermakna menggabungkan, menyatukan, memercayai, dan mengerjakan. Persamaan dalam komitmen dan janji adalah keduanya sama-sama mudah untuk diucapkan atau dikeluarkan, tetapi sangat sulit untuk dilaksanakan atau ditepati. Contohnya saja janji pada diri sendiri untuk tidak berbohong, tapi kenyataannya dalam situasi tertentu kita terpaksa harus berbohong. Mengucapkan “iya” untuk sesuatu dan berusaha melaksanakannya dengan sebaik mungkin merupakan salah satu bentuk sikap komitmen. Oleh karena itu, komitmen seringkali dikaitkan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh seseorang, baik tujuan itu berupa tujuan positif maupun tujuan negatif. Seseorang yang berani berkomitmen dianggap memiliki keteguhan jiwa, stabilitas sosial yang tinggi, rasa toleransi, mampu bertahan dalam keadaan sulit, dan tidak mudah terpancing atau terprovokasi.

1

Salah satu jenis komitmen yang sering dibahas dalam pengertian komitmen menurut para ahli adalah mengenai komitmen organisasi. Komitmen organisasi adalah suatu keadaan seorang karyawan memihak organisasi tertentu serta tujuan dan keinginannya untuk mempertahankan keanggotaan dalam organisasi tersebut. Karena merupakan kajian yang banyak ditelaah oleh para pakar, pengertian komitmen organisasi banyak yang dikemukakan oleh para pakar tersebut. Berikut ini adalah paparannya.

  • Menurut Sri Kuntjoro, komitmen organisasi adalah rasa identifikasi, keterlibatan, dan loyalitas yang dinyatakan oleh seseorang terhadap organisasinya.
  • Menurut Griffin, komitmen organisasi adalah suatu sikap yang menggambarkan sampai sejauh mana seseorang mengenal dan terikat pada organisasinya. Bila seseorang memiliki komitmen yang tinggi, ia akan melihat dirinya menjadi anggota organisasi yang sejati.
  • Menurut P. Robins dan Judge, komitmen organisasi adalah keadaan seseorang yang memihak suatu organisasi serta tujuan-tujuan dan keinginannya untuk mempertahankan keanggotaannya dalam sebuah organisasi.
  • Menurut L. Mathis H. Jackson, komitmen organisasi adalah keyakinan karyawan dalam menerima tujuan organisasional dan berkeinginan untuk tinggal bersama atau meninggalkan perusahaan yang pada akhirnya tecermin dalam ketidakhadiran dan angka perputaran karyawan.
  • Menurut Colquitt LePine and Wesson, komitmen organisasi adalah sutau upaya untuk mengingatkan seseorang bahwa ia merupakan bagian dari organisasi.

Berbicara mengenai komitmen memang akan selalu dikaitkan dengan pengucapan dan perilaku seseorang terhadap apa yang sudah diyakininya. Seseorang yang sudah berani berkomitmen dan membuktikan komitmennya merupakan contoh pribadi yang bertanggung jawab dan bisa dijadikan panutan. Hal tersebut termuat dalam pengertian komitmen menurut para ahli. Begitu pula dengan komitmen organisasi juga tidak jauh berbeda, ruang lingkupnya saja yang dipersempit hanya di tataran sebuah organisasi tertentu.

Related Posts