Manfaat Singkong dan Daunnya bagi Tubuh

 Kesehatan

Singkong adalah tanaman umbi-umbian yang banyak tumbuh subur di Indonesia karena beriklim tropis. Cara penanaman dan perawatan yang tidak sulit membuat harga singkong relatif murah di pasaran. Namun, jangan anggap remeh manfaat singkong dan daunnya bagi tubuh manusia. Tanaman singkong memiliki segudang khasiat yang bisa dimanfaatkan oleh manusia. Di Indonesia, singkong bisa menjadi makanan pengganti nasi karena kaya akan karbohidrat yang mampu mengenyangkan seperti halnya nasi. Sebagai makanan pokok, singkong bisa diolah menjadi berbagai macam makanan yang lezat. Olahan singkong bisa dicampur dengan gula merah, santan, tepung, dan berbagai bahan lainnya. Cara memasaknya pun beragam, mulai dari digoreng, direbus, dikukus, bahkan dioven.

Masih di pembahasan mengenai manfaat singkong dan daunnya bagi tubuh. Di Indonesia, singkong memiliki banyak sekali nama, yakni ketela pohon atau ubi kayu. Nama Latin singkong adalah Manihot Utilissima yang masih termasuk keluarga Euphorbiaceae. Bagian dari pohon singkong yang bisa dikonsumsi bukan hanya umbinya, melainkan juga daunnya. Daun singkong biasa diolah menjadi sayur yang nikmat. Umbi dan daun singkong selain bisa dikonsumsi sebagai makanan pokok dan sayur juga bisa dipakai sebagai bahan pengobatan alami yang biasa disebut sebagai obat herbal. Di dalam umbi singkong terkandung kalori, serat, magnesium, tembaga, protein, saponin, lemak, hidrat arang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B, vitamin C, dan amilum. Sedangkan di dalam daun singkong terkandung vitamin A, vitamin B1, vitamin C, kalsium, kalori, fosfor, protein, lemak, hidrat arang, dan zat besi.

1

Kandungan singkong, baik umbi maupun daunnya, tersebut yang membuat singkong menjadi layak konsumsi setiap hari sebagai makanan pokok. Dengan kandungan tersebut tidak mengherankan bila manfaat singkong dan daunnya bagi tubuh sangat beragam. Berikut ini adalah manfaat yang dimaksud.

  • Melancarkan sistem pencernaan karena singkong mengandung serat tidak larut air yang berfungsi memperlancar proses buang air besar , mampu menyerap dan membuang toksin di dalam usus.
  • Mengatasi sakit kepala dengan memanfaatkan daun singkong yang ditumbuk lalu dikompreskan di kepala yang terasa sakit.
  • Mengatasi penyakit diare dengan cara merebus daun singkong dengan air lalu disaring dan diminum 2 kali sehari saat pagi dan sore hari.
  • Mencerdaskan otak karena di dalam daun singkong terkandung asam amino yang baik untuk mengubah karbohidrat menjadi energi. Asam amino tersebut juga mampu membantu pemulihan kulit dan tulang, meningkatkan daya ingat, kinerja otak, dan metabolisme asam amino lainnya.
  • Mengatasi reumatik dengan cara mengoleskan daun singkong yang dihaluskan dan dicampur dengan jahe merah dan kapur sirih.
  • Sebagai penambah darah karena daun singkong mengandung zat besi yang sangat tinggi.
  • Umbi singkong bisa dipakai untuk mengobati luka pada lambung karena kandungan antibiotik di dalamnya.
  • Meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh karena kandungan vitamin C yang cukup tinggi.
  • Daun singkong sangat menyehatkan mata karena kandungan vitamin A, jadi konsumsilah daun singkong secara rutin agar kesehatan mata Anda tetap terjaga.

Related Posts