Manfaat Jamur Merang, Kuping, dan Jamur Tiram bagi Kesehatan

 Kesehatan

Jamur merupakan makanan yang sangat lezat dan digemari oleh banyak orang. Jenis jamur yang bermacam-macam membuat penikmatnya tak pernah bosa meski mengonsumsinya setiap hari. Di Indonesia, jenis jamur yang paling banyak dicarin adalah jamur kuping (Auricularia Auricular), jamur tiram (Pleurotus sp), jamur merang (Volvariella Volvaceae), dan jamur shitake (Lentinus Edodes). Masing-masing jamur memiliki bentuk yang berbeda dan unik, rasanya pun juga tidak sama sehingga tidak membuat konsumennya cepat bosan. Manfaat jamur merang, kuping, dan jamur tiram bagi kesehatan pun sangat beragam karena kandungan gizinya juga melimpah. Jamur menjadi salah satu sumber makanan dan telah lama dipakai sebagai sayur dan lauk di meja makan.

Tanaman jamur telah popular menjadi makanan sejak zaman dahulu. Orang-orang zaman dulu menganggap jamur sebagai makanan yang sangat lezat dan bisa disajikan dengan berbagai macam resep. Jamur juga bisa dijadikan sebagai camilan yang disantap bersama saus sambal. Selain dijadikan makanan dan camilan, jamur juga bisa dimanfaatkan sebagai tanaman obat untuk kesehatan dan mengobati beragam jenis penyakit. Manfaat jamur merang, kuping, dan jamur tiram bagi kesehatan sudah banyak dibahas dalam berbagai penelitian dan riset. Hal tersebut karena jamur kaya akan nutrisi penting bagi tubuh, seperti vitamin, mineral, serat, antioksidan, dan air. Selain itu, jamur juga mengandung beragam nutrisi seperti lemak kolesterol, sodium, kalium, karbohidrat, protein, riboflavin, niasin, vitamin A, B6, B12, C, D, asam folat, tiamin, asam pantotenat, kalsium, besi, dan magnesium.

2

Masih dalam pembahasan mengenai manfaat jamur merang, kuping, dan jamur tiram bagi kesehatan. Jamur adalah makanan rendah sodium, lemak, dan kolesterol. Jamur yang berukuran sedang memiliki jumlah kalium lebih banyak dibandingkan dengan segelas jus jeruk atau pisang. Jamur merupakan makanan sumber antibiotik peni*silin, antibiotik jamur memiliki sifat anti jamur dan antimikroba alami. Dengan beragam kandungan gizi, nutrisi, dan vitamin sebanyak itu, manfaat dari jamur juga ikut banyak. Berikut ini adalah manfaat dari jamur bagi kesehatan tubuh.

  • Jamur mengandung protein tanpa lemak sehingga non kolesterol, hal tersebut membuat jamur akan membantu menurunkan kadar kolesterol dan mampu membakar kolesterol saat dicerna.
  • Jamur merupakan makanan diet rendah energi yang sangat bagus bagi para penderita diabetes.
  • Mencegah kanker pay*udara dan kanker prostat karena kandungan beta-glukan dan asam linoleat yang memiliki sifat anti karsinogenik.
  • Meningkatkan sistem imun tubuh sehingga mencegah risiko terkena infeksi karena kandungan antioksidan, ergothioneine, yang ada di dalamnya. Jamur juga mengandung antibiotik alami yang akam menghambat infeksi jamur.
  • Mengontrol berat badan karena jamur kaya protein dan rendah karbohidrat dengan jumlah serat yang baik pula sehingga membantu tubuh dalam membakar lemak lebih cepat.
  • Jamur shitake dikenal mampu menghambat virus HIV karena kandungan beta-glukan yang terkandung di dalamnya mampu menjaga sistem kekebalan tubuh lebih baik. Mengapa lebih baik? Karena beta-glukan ini tidak rusak meski jamur telah mengalami proses pemasakan sampai matang.

Related Posts