Pengertian dan Fungsi Lemak

 Pengetahuan

Apakah salah satu diantara anda memiliki berat badan yang berlebih? Berat badan berlebih yang anda rasakan akibat adanya timbunan lemak dalam tubuh. Dengan pernyataan ini, apakah lemak memiliki bahaya untuk tubuh? karena menyebabkan tubuh kita menjadi besar, sehingga banyak efek negatif yang dirasakan, salah satunya adalah kesulitan dalam bergerak. Apakah semua lemak dalam tubuh harus dihilangkan dan dicegah untuk masuk lagi ke dalam tubuh? Untuk lebih memahaminya, kita akan sama – sama membahas tentang pengertian dan fungsi lemak dalam tubuh.

Artikel kali ini dibuat dengan judul pengertian dan fungsi lemak. Dalam kamus bahasa Indonesia, lemak adalah zat minyak yang melekat pada daging. Sedangkan menurut ilmu alam, lemak adalah zat yang tersusun atas undur – unsure karbon ( C ), hydrogen ( H ) dan oksigen ( O ). Tidak semua lemak berbahaya dalam tubuh, lemak termasuk komponen bahan makanan yang penting karena memiliki fungsi penting, diantaranya adalah :

3

  • Lemak memiliki kandungan kalori yang sangat tinggi, dalam lemak terkandung asam lemak esensial yang merupakan precursor pembentuk hormone tertentu, seperti prostaglandin.
  • Lemak berfungsi sebagai penyusun membrane yang sangat penting untuk berbagai tugas dalam proses metabolism mahluk hidup ( manusia dan hewan )
  • Lemak berfungsi sebagai suspense vitamin A, D, E, dan K. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak, akan menjamin penyediaan vitamin dalam tubuh yang berguna untuk keperluan tubuh dan fungsinya kita rasakan dalam kehidupan sehari – hari
  • Lemak dalam tubuh berfungsi sebagai pelindung organ – organ penting yang ada dalam tubuh, seperti ginjal, hati, dan sebagainya. Lemak juga berperan dalam penahan goncangan demi melindungi organ vital tubuh tersebut dan berperan dalam suhu luar yang kurang bersahabat. Maksudnya adalah orang yang mempunyai lemak banyak dalam tubuh, saat udara dingin akan merasa lebih kuat dibanding mereka yang mempunyai kandungan lemak sedikit dalam tubuhnya.
  • Lemak mempunyai fungsi selular yang berkaitan dengan karbohidrat dan protein demi menjalankan air, ion, dan molekul lain, keluar dan masuk ke dalam sel.
  • Lemak dapat dijadikan sebagai cadangan energy, karena 1 gram lemak menghasilkan 39,06 KJ, atau 9,3 Kcal.
  • Lemak berfungsi sebagai bahan penyusun empedu, asam kholat, dan hormone se*k*s.

Sudahkah anda memahami mengenai pengertian dan fungsi lemak? Lemak diperoleh dari berbagai sumber, baik hewani maupun nabati. Lemak yang berasal dari tmbuhan ( lemak nabati ) bisa diperoleh dalam makanan, seperti ; kelapa, kacang – kacangan – kedelai, mentega, dan yang lainnya. Sedangkan lemak yang berasal dari hewan ( lemak hewani ) bisa diperoleh dalam makanan, seperti : daging, susu, keju, ikan, telur, dan yang lainnya.

Setelah membahas pembahasa pengertian dan fungsi lemak kali ini, anda tentu bisa menjawab, apakah semua lemak yang ada dalam tubuh harus dibuang? Para peneliti juga mengatakan bahwa lemak tidak berperan dalam kasus obesitas. Semoga artikel ini memberikan manfaat dan menambah wawasan untuk anda yang membacanya.

Related Posts