Pengertian dan Fungsi Sosiologi

 Pengetahuan

Masih ingatkah anda dengan sosiologi? Kata sosiologi bukanlah kata yang asing di telinga masyarakat. Saat duduk di bangku sekolah, kita pernah mempelajari pelajaran yang berhubungan dengan ilmu social ini. Apa pengertian dan fungsi sosiologi? Jika dihadapkan pada pertanyaan ini, dapatkah anda menjwabnya dengan jawaban yang rinci?

Untuk dapat menjawab pertanyaan di atas, simaklah pembahasan artikel kali ini, artikel ini diberi judul pengertian dan fungsi sosiologi.  Dalam kamus lengkap bahasa Indonesia sosiologi adalah ilmu yang mempelajari sifat keadaan dan pertumbuhan masyarakat, kehidupan manusia dalam masyarakat. Sedangkan dalam ilmu social, sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang masyarakat. Sosiologi mempelajari hukum – hukum yang menjadi dasar keberadaan masyarakat ( sosiologi statis ). Sosiologi mempelajari perubahan masyarakat (sosiologi dinamis). Para ahli mempunyai pendapat berbeda tentang pengertian sosiologi, diantaranya adalah :

9

  • Menurut Selo Soemardjan: Sosiologi adalah ilmu yang mempelajari struktur dan proses-proses sosial, termasuk perubahan-perubahan sosial.
  • Menurut Soerjono Soekanto: Sosiologi merupakan ilmu yang mempelajari masyarakat dalam keseluruhannya dan hubungan antara individu dalam masyarakat tadi.
  • Menurut menurut John J. Macionis: Sosiologi adalah studi sistematis mengenai masyarakat manusia.

Meskipun mempunyai pendapat yang berbeda, tetapi jika diamati, pengertian – pengertian tersebut mempunyai maksud yang sama. Penulis menyimpulkan bahwa sosiologi adalah studi sistematis yang mempelajari masyarakat dalam berbagai segi dimensi, dengan mempelajari masyarakat, memudahkan kita untuk beradapatasi dengan lingkungan tempat kita hidup dengan berbaur dengan satu sama lain. Dalam pengertiannya, sosiologi memiki manfaat dalam kehidupan sehari – hari, manfaat tersebut akan penulis jabarkan dalam pembahasan pengertian dan fungsi sosiologi kali ini. Beberapa manfaat mempelajari ilmu sosiologi, adalah sebagai berikut :

  1. Dengan mempelajari ilmu sosiologi, kita diajarkan untuk berfikir secara kritis, tentang penilaian dan kebenaran yang didasarkan pada asumsi – asumsi yang dianggap lazim. Dengan pemikiran tersebut, kita bisa mengetahui apakah gagasan-gagasan yang selama ini kita pahami benar atau tidak.
  2. Dengan mempelajari ilmu sosiologi, akan membantu kita memahami proses – proses yang benar – benar terjadi di masyarakat. Dengan pemahaman ini, kita bisa menempatkan diri secara lebih tepat dan meraih tujuan dengan lebih efektif
  3. Dengan mempelajari sosiologi, akan mendidik kita menjadi seorang yang aktif dalam kehidupan bermasyaraakat. Dengan keaktifan kita dalam kehidupan bermasyarakat, kita dapat berpartisipasi untuk mengubah masyarakat, karena kita memahami proses – proses dalam masyarakat tersebut.
  4. Dengan mempelajari ilmu sosiologi, membantu kita untuk menghargai perbedaan umat manusia dan mempersiapkan kita untuk menghadapi tantangan hidup. Ilmu sosiologi mendidik kita untuk berfikir kritis tentang cara hidup yang akan kita pilih dalam kehidupan bermasyarakat.

Kesimpulannya adalah sosiologi berperan sebagai ilmu masyarakat. Mempelajari sosiologi berarti mempelajari masyarakat, sehingga memudahkan kita untuk hidup bermasyarakat, beradaptasi dan menentukan sikap dalam kehidupan sehari – hari. Sudah pahamkah anda mengenai pengertian dan fungsi sosiologi? Semoga pembahasan artikel kali ini memberikan banyak manfaat, menambah wawasan dan menambah ilmu pengetahuan bagi anda yang membacanya, juga  menjawab pertanyaan – pertanyaan yang selama ini belum terjawab

Related Posts