Ini Dia Contoh Makalah Karbohidrat

 Tugas

Pada kesempatan kali ini, saya selaku penulis akan membahas makalah yang berjudul makalah karbohidrat. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh adalah karbohidrat dimana merupakan sumber tenaga bagi tubuh. Untuk melengkapi sumber nutrisi manusia harus mengkonsumsi makanan empat sehat lima sempurna. Tubuh membutuhkan lebih dari 40 nutrisi untuk memperlancar kerja organ dan mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan. Karbohidrat merupakan zat yang penting yang bersumber dari beras, merupakan makanan pokok orang Indonesia kemudian gandum, jagung dan umbi-umbian. Tujuan penulis membuat makalah ini adalah untuk membahas lebih dalam mengenai karbohidrat. Penulis telah melakukan pengamatan, penelitian dan membaca beberapa buku sebagai referensi membuat makalah ini. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada guru pembimbing yang telah memberikan arahan dan bimbingan kepada saya dalam mengerjakan makalah ini. Tidak lupa, saya ucapkan terima kasih kepada keluarga, teman dan rekan-rekan sekalin atas dukungan dan bantuan yang diberikan baik secara materi maupun moril sehingga saya dapat membuat makalah ini dengan baik dan lancar. Semoga makalah ini bermanfaat bagi kita semua.

4

Dari pembahasan makalah karbohidrat dapat disimpulkan bahwa karbohidrat meliputi zat-zat yang terdapat di alam dan sebagian besar berasal dari tumbuhan, dimana tumbuhan merupakan sumber makanan yang maha penting bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Karbohidrat adalah polihidroksil-aldehida atau polihidroksil-keton, atau senyawa yang menghasilkan senyawa-senyawanya bila di hidrolisis. Karbohidrat banyak ditemukan pada serealia (beras, gandum, jagung, kentang dan sebagainya), serta pada biji-bijian yang tersebar luas di alam. Karbohidrat yang penting dalam ilmu gizi dibagi dalam 2 golongan, yaitu karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks. Karbohidrat sederhana terbagi menjadi monosakarida (glukosa, fruktosa, galaktosa, pentosa), disakarid (sukrosa atau sakarosa, maltosa, laktosa dan trehalosa), gula alcohol (sorbitol, manitol,dulsitol, dan inosito), oligosakarida (Trisakarida, Tetrasakarida, Rafinosa, stakiosa, dan verbaskos, frukta,). Dan karbohidrat kompleks terdiri dari polisisakarida (pati, dekstrin, dan glikogen) dan Serat. Serat terdiri dari serat yang larut didalam air dan serat yang tidak larut didalam air. Serat yang larut dalam air adalah pektin, gum, dan mukilase. Sedangkan, Serat yang tidak dapat larut dalam air adalah selulosa, hemiselulosa, dan lignin. Karbohidrat memiliki berbagai fungsi dalam tubuh makhluk hidup, terutama sebagai bahan bakar (misalnya glukosa), cadangan makanan (misalnya pati pada tumbuhan dan glikogen pada hewan), dan materi pembangun (misalnya selulosa pada tumbuhan, kitin pada hewan dan jamur).

Demikian makalah karbohidrat yang telah dibahas. Semoga makalah ini bermanfaat bagi para pembaca. Saya ucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membantu saya dalam mengerjakan makalah ini, saya mohon maaf jika terdapat kesalahan dna kekurangan di dalam penulisan makalah di karenakan keterbatasan waktu.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : makalah puasa , makalah bela Negara , makalah karbohidrat , makalah manajemen operasional , makalah tbc , makalah pendidikan pancasila , makalah manajemen pendidikan , makalah keanekaragaman hayati , makalah power point , makalah sistem informasi

Related Posts