Manfaat Buah Rambutan bagi Kesehatan

 Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan buah rambutan? Buah asli Indonesia ini sangat mudah didapat dan tergolong buah yang merakyat karena harganya yang terjangkau. Meski tergolong buah musiman, pesona buah rambutan tak pernah pudar dan selalu dicari oleh masyarakat. Rasanya yang manis dan segar membuat rambutan selalu menjadi incaran saat cuaca sedang panas-panasnya. Selain itu, manfaat buah rambutan bagi kesehatan juga tidak kalah bila dibandingkan dengan buah-buahan lain. Buah rambutan memiliki banyak sekali jenis, yakni rambutan Rapiah, si Macan, si Nyonya, lebak bulus, dan Aceh, dan binjai. Dari segi kandungan gizi, semua jenis rambutan tersebut memiliki kandungan yang sama, bahkan kandungan airnya pun sama sehingga semuanya sangat nikmat dikonsumsi saat cuaca sedang gerah sebagai pengganti mnuman dingin.

Buah rambutan memiliki nama Latin Nephelium Lappaceum yang merupakan salah satu buah di daerah tropis. Selain buahnya, beberapa bagian lain dari rambutan juga bisa dikonsumsi, khususnya untuk pengobatan herbal. bagian-bagian tersebut adalah kulit buah, kulit batang, daun, biji, dan akar rambutan. Manfaat bagian-bagian tersebut semakin menambah panjang daftar manfaat dan khasiat rambutan bagi kesehatan dan pengobatan tradisional. Kulit buah rambutan mengandung saponin yang bisa diolah menjadi obat dengan cara dikeringkan terlebih dahulu. Biji rambutan mengandung karbohidrat, lemak, protein, lemak polifenol, dan pastinya tidak beracun. Buah rambutan sendiri mengandung banyak gizi dan vitamin, yakni vitamin C, besi, kalium, kalori, karbohidrat, dan serat yang cukup tinggi.

5

Dengan kandungan gizi dan nutrisi sebanyak itu, tidak mengherankan bila manfaat buah rambutan bagi kesehatan sangat beragam, bahkan mampu mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga berat. Di bawah ini adalah uraian mengenai khasiat dari buah rambutan bagi tubuh dan kesehatan Anda.

  • Mencegah penyakit sariawan karena kandungan vitamin C yang tidak kalah dari buah jeruk, begitu pula dengan kandungan asam askorbat di dalamnya.
  • Membantu penyerapan zat besi dari makanan yang dikonsumsi
  • Mencegah sel-sel tubuh dari kerusakan akibat dari radikal bebas karena kandungan vitamin C.
  • Mampu meningkatkan oksigen di dalam tubuh karena kandungan zat besi di dalamnya
  • Membantu program diet karena mengandung jumlah kalori yang sedikit
  • Mengatasi penyakit diabetes, hipertensi, dan mengurangi kadar kolesterol karena kandungan antioksidan berupa flavonoid yang memiliki antikanker dan anti inflamasi
  • Sangat baik bagi usus dan saluran pencernaan
  • Kandugan tembaga mampu membentuk sel-sel darah putih dan merah
  • Menjaga kesehatan ginjal karena kandungan fosfor yang mampu menghilangkan kotoran dan racun di dalam ginjal
  • Mengurangi risiko terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi dan sekaligus memperbaiki struktur kulit Anda.
  • Mengatasi keluhan anemia karena kandungan zat besi di dalamnya juga mampu meningkatkan jumlah asupan oksigen di dalam tubuh

Bagaimana? Anda semakin tertarik dengan buah rambutan? Tentunya segudang manfaat buah rambutan bagi kesehatan di atas bisa Anda jadikan tambahan referensi pengetahuan Anda mengenai pengobatan tradisional. Jangan terburu-buru menyembuhkannya dengan mengonsumsi obat-obatan kimia. Atasi terlebih dahulu dengan obat herbal alami dari tumbuh-tumbuhan. Selain tanpa efek samping, harganya pun jauh lebih ekonomis.

Related Posts