Pengertian Atom Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Istilah atom memiliki sejarah yang hampir sama dengan istilah-istilah lainnya. Atom menjadi istilah yang sangat sering kita dengar dalam dunia sains. Sejak zaman Yunani kuno, istilah atom telah muncul meski pengertian atom menurut para ahli yang berkembang saat ini sedikit demi sedikit mulai berbeda dengan sejarah awalnya. Istilah atom terbentuk dari kata “a” yang bermakna tidak dan kata “tomos” yang bermakna terbagi. Jadi, secara singkat atom bisa dimaknai sebagai sesuatu yang tidak dapat dibagi lagi, sesuatu dengan ukuran terkecil. Secara luas, atom diartikan sebagai partikel berukuran sangat kecil sehingga sulit untuk dilihat, dibayangkan, dan digambarkan struktur atomnya. Banyak para ahli sains, fisika dan kimia, terus berusaha memberikan gambaran atom dengan melakukan penyelidikan model-model atom yang diusulkan dan hal-hal yang berhubungan dengan atom.

                Atom juga bisa didefinisikan sebagai partikel terkecil dari sebuah unsur. Atom-atom dari unsur yang sama mempunyai sifat dan ukuran yang sama, tetapi berbeda dari atom unsur yang lain. Sehingga atom-atom tidak ada yang sama meskipun jumlahnya milyaran. Perbedaan pendapat yang terjadi antara para filsuf (Democritus, Plato, dan Aristoteles) pada tahun 460 – 370 SM membuat penelitian mengenai atom memudar dan tidak mengalami perkembangan selama berabad-abad. Lalu pada abad ke-17 pemikiran tentang atom kembali muncul di Eropa. Para ilmuwan menjelaskan sifat-sifat gas. Meski tidak terlihat, udara terdiri dari sejenis partikel yang senantiasa selalu bergerak. Dikatakan bergerak karena kita bisa merasakannya saat terjadi angin meski tak dapat melihatnya. Akhirnya, Isaac Newton, seorang ilmuwan berpengaruh, memberikan dukungannya tentang keberadaan atom. Selanjutnya pada abad ke-18 para ilmuwan mulai melalukan pengukuran massa zat-zat yang terlibat dalam reaksi.

5

Berdasarkan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh pakar sains, ditemukanlah beberapa pengertian atom menurut para ahli. Berikut ini pengertian-pengertian tersebut.

  • Menurut Democritus, atom adalah partikel terkecil penyusun seluruh materi di alam semesta.
  • Menurut John Dalton, atom adalah partikel terkecil dari suatu unsur yang masih mempunyai sifat seperti unsurnya.
  • Menurut J. J. Thomson, atom adalah bola yang bermuatan positif dan elektron yang bermuatan negatif tersebar secara merata.
  • Menurut Ernest Rutherford, atom adalah partikel yang terdiri atas inti atom, yaitu proton dan neutron yang berada pada bagian pusat dan dikelilingi elektron-elektron.

Dari keempat definisi ahli di atas, atom memang diartikan sebagai bagian paling kecil dari sebuah unsur. Karena terlalu kecil hingga tak bisa dilihat dengan mata telanjang. Atom diyakini ada dengan berbagai hasil penelitian yang terus berkembang dari waktu ke waktu.

                Keberadaan atom yang terus diteliti oleh banyak pakar memunculkan sebuah teori baru yang berhubungan dengan atom, teori tersebut disebut dengan teori atom. Keberadaan teori atom melengkapi keberadaan pengertian atom menurut para ahli sebagai ilmu yang patut untuk dipelajari. Teori atom yang dikemukakan oleh para ahli tak hanya satu, teori-teori tersebut yakni teori atom Niels Bohr, teori atom Mekanika Kuatum, teori atom Thomson, teori atom Rutherford, dan teori atom Modern. Masing-masing teori atom tersebut memiliki pendapat yang berbeda mengenai atom.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian dasar negara , pengertian profesi , pengertian perusahaan , pengertian kepribadian , pengertian tasawuf , pengertian atom , pengertian inovasi , pengertian ip address , pengertian karakter , pengertian sosial , pengertian teknologi informasi

Related Posts