Manfaat khasiat Puasa Daud bagi Kesehatan

 Kesehatan

Pernahkah Anda mendengar mengenai puasa daud? Puasa daud merupakan salah satu jenis puasa sunnah yang diamalkan oleh umat Islam. Puasa daud adalah puasa yang dilakukan secara berselang seling setiap hari, yakni sehari berpuasa dan sehari berbuka yang dilakukan secara kontinyu. Untuk memudahkan mengingat hari-harinya, bisa disiasati dengan pembagian tanggal, yakni berpuasa pad tanggal ganjil dan berbuka pada tanggal genap. Dengan begitu bila terjadi “bolong puasa” tidak akan lupa saat memulainya kembali. Banyak orang yang rutin dan konsekuen melaksanakan puasa daud, selain untuk mengharap ridho dan rahmat Allawh SWT, juga untuk mendapatkan manfaat puasa daud bagi kesehatan. Sudah bukan rahasia lagi bahwa puasa daud juga menyimpan sejuta manfaat bagi pelaksananya.

Secara umum, manfaat dari berpuasa daud sama dengan puasa pada umumnya. Namun, ada beberapa tambahan manfaat yang bisa didapatkan karena cara dan aturan berpuasanya yang sedikit berbeda. Puasa daud banyak dilakukan oleh orang-orang yang berharap bisa menurunkan berat badan dan menyembuhkan sistem pencernaan. Sistem puasa yang dilakukan secara konstan dan kontinyu memang dibuktikan mampu menurunkan berat badan secara alami dan membuat kinerja usus serta lambung menjadi lebih stabil. Sudah banyak penelitian yang menjelaskan hal tersebut. Bahkan Rasulullah SAW mengatakan bahwa puasa daud lebih utama daripada puasa tiga hari dalam sebulan yang pahalanya seperti berpuasa sepanjang masa. Puasa daud lebih utama juga dari puasa arafah yang ganjarannya adalah dihapuskan seluruh dosa kecilnya selama setahun sebelumnya.

1

Manfaat puasa daud bagi kesehatan tidak jauh berbeda dengan manfaat puasa pada umumnya. Seperti diketahui bahwa berpuasa memiliki banyak sekali hikmah dan manfaat bagi kesehatan tubuh dan jiwa, serta kecantikan kulit dan wajah. Ketika menjalani puasa, seluruh organ di dalam tubuh bisa beristirahat dan sel-sel memanfaatkannya untuk menghimpun diri agar bisa bertahan hidup. Rutinitas puasa, apalagi puasa daud, berfungsi sebagai detoksifikasi (mengeluarkan kotoran, racun dari dalam tubuh), meremajakan sel-sel yang mati, dan mengganti sel-sel yang rusak dengan sel-sel yang baru. Untuk kecantikan kulit, puasa bisa menjadikan kulit terlihat segar, sehat, lembut, dan berseri alami. Hal tersebut karena saat berpuasa tubuh akan mengalami metabolisme yang tinggi. Setiap organ di dalam tubuh memiliki cadangan energi, ketika berpuasa cadangan energi tersebut dikeluarkan sehingga bisa menimbulkan rasa lega pada organ-organ penyimpanan tersebut.

Banyak ahli kesehatan mengemukakan tentang manfaat puasa daud bagi kesehatan. Hasil dari penelitian para ahli tersebut adalah sebagai berikut.

  • Menurut Riyad Albiby dan Ahmed Ekadi, berpuasa mampu meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit karena fungsi sel limfa menunjukkan peningkatan dalam produksi sel limfosit T.
  • Menurut Alvenia M. Fulton, manfaat dari berpuasa adalah mampu menghasilkan kelembutan pesona dan daya pikat. Puasa juga mampu mempercantik wanita secara alami karena mampu menormalkan fungsi-fungsi kewanitaan dan membentuk tubuh menjadi lebih indah.
  • Menurut Dr. Yuri Nikolayev, berpuasa memiliki khasiat membuat seseorang menjadi awet muda secara fisik, mental, dan spiritual.
  • Menurut Allan Cott, berpuasa memiliki manfaat merasa lebih baik secara fisik dan mental, merasa lebih muda, membersihkan badan, menurunkan tekanan darah dan kadar lemak, mengendorkan ketegangan jiwa, menajamkan fungsi indrawi, dan memperlambat proses penuaan dini.
  • Menurut Jalal Saour, berkurangnya cairan saat berpuasa bisa menurunkan kerja jantung, mencegah penggumpalan darah sebagai salah satu penyebab penyakit jantung.

Related Posts