Manfaat dan Kegunaan Jaringan Komputer

 Pengetahuan

Keberadaan komputer di teknologi yang serba canggih ini sudah enjadi salah satu kebutuhan utama di masyarakat. Apalagi sejak maraknya penggunaan internet di kalangan masyarakat luas, peran komputer semakin meningkat tajam. Keadaan tersebut membuat banyak orang mempelajari banyak hal tentang komputer dan internet, termasuk jaringannya. Untuk itulah manfaat dan kegunaan jaringan komputer banyak dijadikan bahan pembelajaran agar lebih memahami lebih lanjut mengenai jaringan komputer. Kegunaan dari jaringan komputer sangat beragam dan banyak jenisnya disesuaikan dengan kebutuhan pemakainya. Keberagaamn kegunaan tersebut membuat jaringan komputer menjadi lebih menarik untuk diulas dan dibahas secara lebih mendalam.

Jaringan komputer memiliki manfaat secara umum untuk sarana membagi sumber daya yang ada atau disebut juga dengan resource sharing. Maksudnya adalah bisa menggunakan sumber daya yang ada secara bersamaan dengan perangkat komputer yang lainnya. Manfaat ini bisa mengatasi permasalahan jarak yang seringkali terjadi bagi pengguna jaringan komputer. Kegunaan lain dari jaringan komputer adalah mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber-sumber alternatif persediaan. Bila salah satu mesin mengalami kerusakan, salinan data atau informasi  masih ada di mesin lain yang bisa dipakai. Manfaat selanjutnya dari jaringan komputer adalah menghemat biaya sehingga sistem ini diminati oleh banyak pengguna dengan mengandalkan komputer-komputer pribadi.

13

Manfaat dan kegunaan jaringan komputer bagi manusia bisa dikelompokkan menjadi dua jaringan, yakni jaringan perusahaan dan jaringan umum. Jaringan komputer di perusahaan memiliki mnafaat antara lain resource sharing, reliabilitas tinggi, ekonomis, skalabilitas, dan media komunikasi. Ketiga manfaat telah dibahas di atas, selanjunya mengenai skalabilitas dan media komunikasi. Skalabilitas adalah kemampuan untuk meningkatkan kinerja sistem yang secara berangsur-angsur sesuai dengan bebak kerja dengan hanya menambahkan sejumlah prosesor. Manfaat selanjutnya adalah sebagai media komunikasi bagi pegawai yang terpisah jarak cukup jauh. Dengan adanya jaringan komputer, jarak sejauh apapun akan bisa diatasi dengan mudah. Tentunya hal ini sangat bermanfaat di dalam dunia kerja dimana dintuntu kecepatan dan profesionalitas.

Masih dalam bahasan tentang manfaat dan kegunaan jaringan komputer, kali ini mengenai jaringan komputer untuk umum. Jaringan komputer untuk umum biasanya digunakan perorangan di rumah. Layanan yang diberikan akan berbeda dengan jaringan untuk perusahaan. Manfaat yang bisa didapat dari jaringan komputer perseorangan adalah sebagai berikut.

  • Akses ke sumber informasi menjadi lebih mudah meski berada di lokasi yang berjauhan. Apalagi saat ini tengah marak penggunaan sosial media (sosmed) untuk berkomunikasi dan saling bertukar informasi melalui jaringan komputer.
  • Komunikasi ke banyak orang dengan lebih mudah dan cepat. Komunikasi ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas surat elektronik atau yang biasa ndisebut dengan e-mail. Pengguna juga bisa melakukan obrolan atau chatting dengan berbagai macam aplikasi percakapan di jaringan komputer.
  • Sebagai hiburan interaktif karena jaringan komputer juga menyediakan berbagai macam hiburan, mulai dari game, video, audio (musik), film, dan berbagai hiburan lainnya. Semuanya bisa didapatkan dengan mudah, cepat, dan bahkan ada beberapa yang bisa dinikmati secara gratis.

Related Posts