Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

 Pengertian

                Dalam bidang ekonomi, istilah pemasaran menjadi kata yang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu banyak pengertian pemasaran menurut para ahli yang terus bermunculan. Secara umum, pemasaran atau marketing bisa diartikan sebagai berbagai macam cara yang dilakukan oleh sebuah perusahaan dalam menjual produk-produknya. Ada juga yang mengartikan pemasaran sebagai usaha promosi atau cara perusahaan dalam memengaruhi konsumen agar mau membeli produk yang dijualnya. Tetapi sebenarnya pengertian pemasaran bisa lebih luas dari dua pengertian umum tersebut. Apalagi pemasaran semakin berkembang mengikuti zaman. Segala macam barang dan jasa saat ini dipasarkan dengan berbagai macam cara yang menarik.

                Sejarah pemasaran kali muncul sebagai bidang usaha tahun 1902. Pada saat itu pemasaran masih disebut sebagai distribusi dan berpangkal pada proses distribusi. Lalu setelah berkembang pemasaran diartikan sebagai kegiatan usaha untuk mengalirkan barang dan jasa dari produsen kepada konsumen atau pemakai. Masuk tahun 1960, pemasaran menitikberatkan pengertian pada manajemen perusahaan sehingga bisa didefinisikan sebagai manajemen aliran barang dan jasa dari produsen kepada konsumen. Pemasaran sebuah barang atau jasa saat ini sudah semakin beragam. Produsen bisa memanfaatkan banyak sekali media dan cara yang lebih fleksibel dan semakin dekat dengan konsumen. Misalnya saja pemasaran melalui media sosial, seperti belanja online, hal ini telah menjadi tren di masyarakat dalam kurun waktu 5 tahun ini.

pengertian pemasaran

                Terkait dengan pengertian pemasaran menurut para ahli, berikut ini adalah beberapa pengertian pemasaran yang bisa Anda pelajari untuk semakin memantapkan pengetahuan mengenai pemasaran.

  • Menurut William J. Stanton, pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan, baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
  • Menurut Philp Kotler dan Amstrong, pemasaran adalah proses sosial yang terdiri atas individu dan kelompok untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.
  • Menurut Sutisna, pemasaran adalah usaha untuk menyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen mengenai keberadaan produk di pasar.
  • Menurut WY. Stanton, pemasaran adalah seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menetukan harga sampai dengan mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli actual maupun potensial.
  • Menurut Philip dan Duncan, pemasaran adalah sesuatu yang meliputi semua langkah yang dipakai atau dibutuhkan untuk menempatkan barang ke tangan konsumen.

Dari beberapa pengertian pemasaran menurut para ahli di atas, dapat disimpulkan bahwa pemasaran merupakan proses pertukaran produk berupa barang, jasa, dan ide yang melibatkan dua pihak atau lebih. Pada kenyataannya, pemasaran sering dianggap sebagai kegiatan promosi, distribusi, perikalanan yang kreatif. Oleh karena itu, keberhasilan dalam sebuah usaha atau sebuah produk seringkali dikaitkan dengan keberhasilan upaya pemasarannya. Ujung tombak sebuah usaha adalah bagian pemasaran, pepatah itu memang sering sekali kita dengar. Agar pemasaran yang dilakukan bisa berjalan dengan baik dan maksimal, perlu adanya upaya yang efektif dan pemikiran yang benar-benar cermat.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :    pengertian asuransi , pengertian jurnal , pengertian ijtihad , pengertian isp , pengertian pemasaran , pengertian masyarakat madani , pengertian resensi , pengertian microsoft excel , pengertian pemilu , pengertian manusia , pengertian paradigma , pengertian http , pengertian variabel , pengertian wifi , pengertian demokrasi pancasila , pengertian protein , pengertian dasar negara

Related Posts