Manfaat Daun Kumis Kucing bagi Kesehatan

 Kesehatan

Tanaman ini dikatakan kumis kucing karena di sekitar bunganya terdapat rambut putih yang bentuknya seperti kumis kucing. Kumis kucing memiliki nama ilmiah Orthosiphon Grandiflarus masuk dalam keluarga tumbuhan Labiatae atau Lamiaceae, termasuk dalam tumbuhan semak yang banyak sekali ditemukan di Asia Tenggara, terutama di negara-negara beriklim tropis seperti Indonesia. Tanaman ini termasuk tena tegak yang di bagian buku-bukunya terdapat akar dan memiliki ketinggian hingga 2 meter. Bagian dari tumbuhan kumis kucing yang banyak mengandung khasiat adalah bagian daunnya. Manfaat daun kumis kucing bagi kesehatan sudah bukan rahasia lagi. Daun kumis kucing kerapkali dijadikan bahan tanaman obat herbal yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga penyakit kronis.

Tanaman kumis kucing, terutama daunnya, sangat berkhasiat bagi kesehatan karena kandungan berbagai zat kimia di dalamnya yang mampu menyehatkan tubuh dan menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Adapun kandungan yang terdapat di dalam daun kumis kucing adalah minyak atsiri, saponin, sapofonin, sinensetin, orthosiponin, mioinositol, zat samak, glikosida, dan kalium. Kandungan-kandungan kimia tersebut membuat daun kumis kucing termasuk ke dalam daftar tumbuhan obat tanpa efek samping. Pernyataan tersebut tidak serta merta dikeluarkan, melainkan melalui beberapa penelitian dan analisis yang ditimbulkan dari adanya senyawa kimia yang terdapat di dalam daun kumis kucing ini.

5

Sejalan dengan berbagai kandungan tersebut, daun kumis kucing memberikan khasiat yang luar biasa bagi tubuh manusi. Berikut ini adalah berbagai manfaat daun kumis kucing bagi kesehatan yang juga bisa dijadikan pengobatan herbal.

  • Untuk mengobati penyakit kencing batu, melancarkan buang air kencing, sakit pinggang, darah tinggi, dan kencing manis (diabetes mellitus) dengan cara merebus daun kumis kucing lalu meminumnya setiap sebelum tidur malam.
  • Untuk memperlancar pengeluaran air kemih dengan cara merebus daun kumis kucing, akar Alang-alang, meniran yang telah dicuci bersih lalu diminum sehari 3 kali sebanyak ½ gelas.
  • Untuk mengobati batu ginjal dengan cara merebus daun kumis kucing, daun ngokilo, daun keji beling, daun meniran dan akarnya. Air rebusan tersebut diminum secara rutin sehari dua kali saat pagi dan sore hari.
  • Untuk mengobati masuk angin dengan cara meminum air rebusan daun kumis kucing, didinginkan terlebih dahulu lalu diminum sampai habis secara teratur.
  • Untuk mengobati sakit encok atau asam urat dengan cara merebus daun kumis kucing dengan tanaman meniran, kemudian diminum tiga kali sehari.
  • Untuk mengobati keputihan dengan cara merebus daun kumis kucing dengan beluntas, jintan hitam, dan kemukus lalu diminum airnya dua kali sehari.

Selain beberapa manfaat di atas, masih banyak lagi manfaat daun kumis kucing bagi kesehatan yang bisa dipelajari. Daun kumis kucing juga bisa menyembuhkan infeksi kantung kemih, rasa nyeri saat buang air kecil, dan penyakit sehubungan lainnya. Caranya juga masih sama dan sangat sederhana, yakni dengan merebus daun kumis kucing, yang telah dicuci bersih, sesuai dengan kebutuhan lalu diminum air rebusannya secara teratur setiap hari. Selamat mencoba dan semoga lekas sembuh.

Related Posts