Manfaat khasiat Daun Kemangi untuk Kesehatan

 Kesehatan

Daun kemangi lazim digunakan untuk bumbu masakan atau sebagai pelengkap sayur dalam lalapan. Namun, siapa yang menyangka bahwa daun kemangi memiliki banyak manfaat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Manfaat daun kemangi untuk kesehatan telah banyak dibuktikan oleh penelitian para ahli. Tumbuhan dengan nama Latin Ocimum Basilicum ini diartikan sebagai tumbuhan beraroma. Hal ini didasarkan fakta bahwa daun kemangi memiliki aroma khas yang langsung bisa dikenali. Aroma inilah yang dijadikan alasan banyak masyarakat Indonesia menyukai masakan yang dicampur dengan daun kemangi. Masakan menjadi lebih wangi dan memunculkan aroma khas yang nikmat.



Manfaat daun kemangi untuk kesehatan. Tumbuhan kemangi awalnya berasal dari Iran, India, dan daerah-daerah tropis lainnya di kawasan Asia. Seiring waktu, perkembangan tumbuhan kemangi semakin merata hampir di seluruh kawasan Asia, termasuk Indonesia yang terkenal gemar mengonsumsi daun kemangi sebagai masakan atau lalapan. Tahukah Anda bahwa daun kemangi selain bisa dimanfaatkan sebagai tambahan aroma dalam masakan juga berkhasiat untuk kesehatan tubuh? Mungkin kenyataan ini tak banyak diketahui oleh masyarakat. Mereka berpikiran bahwa daun kemangi hanya dikonsumsi sebagai sayuran atau lalapan biasa saja. Padahal daun kemangi mengandung banyak sekali nutrisi yang sangat diperlukan tubuh untuk menjaga kesehatan dan mengobati berbagai macam penyakit.




12

Berikut ini adalah manfaat daun kemangi untuk kesehatan tubuh. Anda bisa mempelajarinya agar lebih gemar lagi untuk mengonsumsi kemangi. Untuk lebih jelasnya, paparan di bawah ini akan dilengkapi dengan beberapa cara meramu daun kemangi agar khasiatnya semakin maksimal.

  • Menyehatkan mata dan mulut karena kandungan vitamin A yang bisa mengobati infeksi mata, meredakan mata yang stress, dan mencegah gangguan mata lainnya. Untuk mengatasi bau mulut bisa mencampur daun kemangi dengan daun mint lalu dikonsumsi saat masih segar.
  • Mencegah penyakit batuk dengan meramu daun kemangi menjadi teh, yakni dengan cara menyeduh daun kemangi dengan air panas dan meminumnya selagi hangat.
  • Meredakan demam dan masuk angin dengan cara remas beberapa lembar daun kemangi bersamaan dengan bawang merah dan minyak kelapa kemudian oleskan secara merata ke perut, dada, dan punggung penderita.
  • Sebagai anti inflamasi yang berfungsi untuk menyembuhkan bengkak dan memperlambat proses menopause.
  • Mengatasi keputihan karena kandungan senyawa eugenol di dalam kemangi dapat membunuh jamur penyebab keputihan.
  • Melancarkan ASI
  • Sebagai obat antiradang karena kandungan zat cineole, myrcene, dan eugenol berfungsi sebagai antibiotik alami.
  • Menjaga kesehatan jantung karena kandungan betakaroten dan magnesium yang merupakan mineral penting untuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung.
  • Menstabilkan gula darah bila dikonsumsi secara teratur sebagai teh atau lalapan.
  • Mengatasi penyakit stroke karena mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah nadi pada pasien stroke karena mengandung isoflavon.
  • Mampu membantu mengatasi stress dan mempertajam pikiran karena daun kemangi dianggap sebagai adaptoge atau agen anti stress.
  • Sumber vitamin k yang berperan untuk mengaktifkan protein untuk pertumbuhan jaringan sehat, seperti tulang rawan perut dan jaringan paru-paru.
  • Dapat merangsang sel telur dan membantu proses pematangan sel telur karena kandungan zat stigmaasterol di dalamnya.
  • Sebagai sumber mineral karena kandungan berbagai macam mineral seperti kalium, mangan, tembaga, dan magnesium.
  • Menjaga kesehatan saluran pencernaan dengan cara mengonsumsi ½ sendok teh daun kemangi segar.
terima kasih udah mau berkunjung ke website kami semoga bisa menjadi insfirasi buat pembaca

Related Posts