Manfaat Berpuasa Ramadhan dan Senin Kamis bagi Kesehatan

 Kesehatan

Puasa adalah suatu amalan berupa kegiatan menahan makan, minum, dan hawa nafsu dari terbitnya matahari pada dini hari hingga tenggelamnya matahari pada senja hari. Di dalam agama Islam, puasa ada yang diwajibkan dan disunnahkan. Jenis puasa pun bermacam-macam dengan waktu pelaksanaan yang berbeda-beda. Namun, esensi dari puasa pada dasarnya adalah sama, yakni untuk mengharap ridho dan rahmat dari Allah SWT. Tak jarang pula seseorang melakukan puasa untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Dua jenis puasa yang sering diamalkan adalah puasa ramadhan (puasa wajib) dan puasa Senin Kamis (puasa sunnah). Manfaat berpuasa ramadhan dan Senin Kamis bagi kesehatan tidak bisa dianggap remeh. Sudah banyak penelitian yang membuktikan hal tersebut.

Manfaat berpuasa ramadhan dan Senin Kamis bagi kesehatan. Berpuasa ramadhan merupakan suatu rutinitas tahunan yang dilakukan oleh umat Islam. Puasa ramadhan dilakukan selama sebulan penuh pada bulan ramadhan. Seluruh umat Islam selalu bersemangat dalam menjalani bulan ramadhan. Selain untuk mengharap ridha dan berkah dari Allah SWT, ternyata puasa ramadhan juga memiliki manfaat yang sangat besar bagi kesehatan tubuh. Manfaat yang luar biasa ini bisa dijadikan motivasi tambahan agar kita semakin semangat dalam menjalani puasa ramadhan, meski kita tidak boleh mengesampingkan ridho dan rahmat yang diberikan oleh Allah SWT. Manfaat dari puasa ramadhan adalah sebagai berikut.

22

  • Meningkatkan performa sek*sual karena bisa meningkatkan produksi hormon testosterone.
  • Sangat baik bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah karena saat berpuasa tubuh melakukan peningkatan HDL dan penurunan LDL.
  • Membuat pila pikir menjadi lebih tajam dan kreatif karena rasa lapar yang biasa dirasakan saat berpuasa bisa menstimulus otak untuk berpikir lebih tajam dan memunculkan banyak ide kreatif.
  • Mencegah diabetes dan kelebihan nutrisi lain karena mengurangi konsumsi gula dan lemak dari makanan setiap hari.
  • Mencegah dan mengobati penyakit mental karena saat berpuasa sel-sel neuron yang mati akan dihancurkan oleh sel-sel neuroglial, yakni sel dengan fungsi pemberih dan penyehat otak.
  • Sebagai penawar sakit sendi karena berpuasa mampu meningkatkan sel penetral alami di dalam tubuh.
  • Berpuasa membuat psikologi seseorang menjadi lebih tenang sehingga bisa terhindar dari berbagai penyakit kronis. Adrenalin yang rendah akan memberikan efek positif pada tubuh, yakni mencegah pembentukan kolesterol dan kontraksi empedu menjadi lebih baik.
  • Mengurangi kegemukan karena usus-usus di dalam tubuh akan menjadi lebih bersih dari sisa-sisa endapan makanan yang kemungkinan bisa menjadi lemak di perut.
  • Meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh karena terjadi peningkatan Limfosil sebanyak 10 kali lipat.
  • Menyehatkan ginjal karena saat berpuasa asupan air berkurang dan hal tersebut bisa memaksimalkan kekuatan osmosis urin.

Masih dalam pembahasan mengenai manfaat puasa ramadhan dan Senin Kamis bagi kesehatan. Setali tiga uang dengan puasa ramadhan, puasa Senin Kamis juga memiliki beragam manfaat. Secara umum manfaatnya hampir sama dengan puasa ramadhan, tetapi masih ada bberapa manfaat tambahan. Khasiat dan manfaat yang dimaksud adalah mampu meremajakan kulit, menurunkan tekanan darah, detoksifikasi racun, menurunkan kolesterol, mengendalikan nafsu se*ks, mencegah proses penuaan, dan masih banyak lagi.

Related Posts