Pengertian Kepemimpinan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Menjadi seorang pemimpin yang baik dan disukai oleh banyak orang, khususnya bawahannya, memang tidaklah mudah. Ada banyak hal yang harus bisa diatasi dan dipikirkan oleh pemimpin. Tak perlu terlalu jauh membayangkan menjadi pemimpin negara, menjadi pemimpin di dalam keluarga saja sudah harus memiliki tanggung jawab yang tinggi. Dalam menjalankan tugas sebagai seorang pemimpin dibutuhkan sikap kepemimpinan. Apa itu kepemimpinan? Pengertian kepemimpinan memang tidak bisa dijabarkan dengan tepat dan lugas. Bahkan pengertian kepemimpinan menurut para ahli juga memiliki titik pandang yang beragam. Hal itu karena kepemimpinan menyangkut pribadi dan karakter seseorang yang tidaklah sama.



                Pengertian kepemimpinan menurut para ahli sangatlah luas. Secara umum, kepemimpinan bisa diartikan sebagai kekuatan yang mampu membuat seseorang bergerak atau bertindak sesuai apa yang diminta untuk menuju kesuksesan. Kepemimpinan juga bisa dianggap sebagai proses dalam memengaruhi aktivitas seseorang atau kelompok dalam perumusan dan pencapaian tujuan. Kepemimpinan selalu dikaitkan dengan sebuah organisasi atau komunitas karena perannya yang sangat penting sebagai kepala kekuasaan. Sebuah perkumpulan, organisasi, atau komunitas yang berdiri tanpa pemimpin pasti banyak mengalami kegoyahan karena semua anggota bersikap seenaknya. Pemimpin juga bertugas untuk mengatur, mengajak, membimbing, dan mengontrol segala kegiatan dan tingkah laku yang sedang terjadi dalam organisasi yang dipimpinnya.




1

                Selain pengertian secara umum, ada pula definisi yang diungkapkan oleh para ahli. Meskipun saling berbeda, pengertian kepemimpinan menurut para ahli ini patut kita simak untuk semakin memantapkan pengetahuan kita.

  • Menurut Terry, kepemimpinan adalah aktivitas memengaruhi orang untuk mencapai tujuan organisasi.
  • Menurut Ordway tead, kepemimpinan adalah perpaduan sifat yang memungkinkan seseorang mampu mendorong pihak lain menyelesaikan tugasnya.
  • Menurut Stogdill, kepemimpinan adalah proses memengaruhi kegiatan sekelompok orang dalam usaha mereka menetapkan dan mencapai tujuan.
  • Menurut Katz dan Kahn, kepemimpinan adalah kegiatan memengaruhi sedikit- demi sedikit pada seseorang agar memiliki kepatuhan mekanis terhadap pengarahan-pengarahan rutin organisasi.
  • Menurut Sutarto, kepemimpinan adalah rangkaian kegiatan penataan berupa kemampuan mempengaruhi perilaku orang lain dalam situasi tertentu agar bersedia bekerja sama untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
  • Menurut Scott, kepemimpinan adalah proses memengaruhi kegiatan dalam kelompok untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.
  • Menurut Stoner, kepemimpinan adalah proses pengarahan dan usaha untuk memengaruhi kegiatan yang berhubungan dengan anggota kelompok.
  • Menurut Pigors, kepemimpinan adalah proses saling mendorong melalui interaksi dari perbedaan individu untuk mengontrol daya manusia dalam mencapai tujuan bersama.
  • Menurut Hemhiel dan Coons, kepemimpinan adalah perilaku dari individu yang memimpin aktivitas-aktivitas suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama.
  • Menurut Duben, kepemimpinan adalah aktivitas pemegang kekuasaan dalam membuat keputusan.
  • Menurut Rauch dan Behling, kepemimpinan adalah proses memengaruhi aktivitas-aktivitas sebuah kelompok yang diorganisasikan ke arah pencapaian tujuan.
  • Menurut Black, kepemimpinan adalah kemampuan untuk meyakinkan orang lain agar bekerja sama di bawah pimpinannya sebagai tim untuk mencapai tujuan bersama.
  • Menurut Jacobs dan Jacques, kepemimpinan adalah proses memberi arti terhadap usaha kolektif yang membuat seseorang bersedia melakukan usaha yang diinginkan untuk mencapai sasaran.
  • Menurut Wahjosumidjo, kepemimpinan adalah suatu yang melekat pada diri seorang pemimpin berupa sifat-sifat tertentu.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian moral , pengertian kepemimpinan , pengertian saham , pengertian islam , pengertian www , pengertian cinta , pengertian blog , pengertian pengetahuan , pengertian laporan , pengertian browser , pengertian olahraga

terima kasih udah mau berkunjung ke website kami semoga bisa menjadi insfirasi buat pembaca

Related Posts