Pengertian Olahraga Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Aktivitas olahraga adalah rutinitas yang harus dilakukan setiap hari sebagai bagian dari upaya menjaga kesehatan. Saking pentingnya olahraga bagi kehidupan manusia, dalam dunia pendidikan olahraga dimasukkan menjadi mata pelajaran wajib yang harus diikuti oleh seluruh siswa. Tentunya dengan harapan agar siswa tetap memiliki waktu dalam seminggu untuk menggerakkan tubuhnya. Pengertian olahraga menurut ahli pun telah banyak disampaikan untuk membuka kesadaran masyarakat mengenai pentingnya olahraga. Olahraga sangat berkaitan erat dengan kesehatan. Yang dimaksud kesehatan di sini bisa berupa kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani sesuai dengan takarannya. Maksudnya, olahraga untuk kesehatan itu ada porsinya masing-masing. Terlalu kurang berolahraga memang tidak baik bagi kesehatan, tetapi terlalu memforsir tubuh dalam berolahraga juga bisa mengganggu kesehatan. Oleh sebab itu, berolahragalah sesuai kebutuhan.

                Olahraga berasal dari bahasa Inggris “sport”. UNESCO mengartikan sport sebagai  setiap aktivitas tubuh berupa permainan yang berisi perjuangan melawan unsur-unsur alam, orang lain, ataupun diri sendiri. Olahraga bisa dilakukan secara individu, berlawanan dengan oeang lain, dan juga berkelompok. Ada banyak jenis olahraga yang bisa dijalani, ada yang berupa permainan, pertandingan, olahraga rohani, dan sebagainya. setiap jenis olahraga memiliki fungsi dan manfaat masing-masing bagi tubuh manusia. Rutin berolahraga juga harus diimbangi dengan rutin mengonsumsi makanan sehat agar kesehatan tubuh terus terjaga.

10

                Berikut ini adalah pengertian olahraga menurut para ahli.

  • Menurut Cholik Mutohir, olahraga adalah proses sistematik yang berupa segala kegiatan atau usaha yang dapat mendorong mengembangkan, dan membina potensi-potensi jasmaniah dan rohaniah seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat berupa permainan, petandingan, dan prestasi puncak dalam pembentukan manusia yang memiliki Ideologi yang seutuhnya dan berkualitas berdasarkan Dasar Negara atau Pancasila.
  • Menurut Ensiklopedia Indonesia, olahraga adalah gerak badan yang dilakukan oleh satu orang atau lebih yang merupakan regu atau rombongan.
  • Menurut Edward, olahraga harus spontan dari konsep bermain, games, dan sport.
  • Menurut Menpora malady, olahraga adalah segala kegiatan manusia untuk melaksanakan misi hidup dan cita-citanya, cita-cita nasional politik, sosial, ekonomi, kultural, dan sebagainya.
  • Menurut Suryanto Rukmono, olahraga adalah suatu kegiatan untuk melatih tubuh kita agar badan terasa sehat dan kuat, baik secara jasmani maupun rohani.
  • Menurut Dewan Eropa, olahraga adalah aktivitas spontan, bebas, dan dilaksanakan dalam waktu luang.
  • Menurut Jessica Dolland, olahraga adalah pereda stress yang sangat baik. Olahraga dapat mengalihkan pikiran dari kekhawatiran dengan cara meredakan ketegangan otot tubuh.
  • Menurut Kathryn Marsden, olahraga adalah pengusir stress terbaik yang pernah ditemukan.
  • Menurut Hans Tandra, olahraga adalah gerakan tubuh yang berirama dan teratur untuk memperbaiki dan meningkatkan kebugaran.

                Berdasarkan pengertian olahraga menurut para ahli di atas, kita bisa menyimpulkan pengertian olahraga sebagai aktivitas yang dilakukan untuk melatih tubuh seseorang, yang tidak hanya berupa olahraga jasmani tetapi juga olahraga rohani. Baik olahraga jasmani maupun olahraga rohani sama-sama memberikan dampak positif bagi kesehatan tubuh kita. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk tidak melakukan aktivitas olahraga karena bisa memberikan hal positif di masa mendatang.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian olahraga , pengertian psikologi , pengertian sampah , pengertian bank syariah , pengertian gempa bumi , pengertian router , pengertian investasi , pengertian microsoft word , pengertian search engine , pengertian musik , pengertian web browser

 

Related Posts