Pengertian Cinta Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Cinta, satu kata berjuta makna. Ungkapan tersebut sangat sering kita dengar. Istilah cinta sudah bukan lagi hal tabu yang tidak pantas untuk dipelajari. Tak mudah mengartikan apa itu cinta? Pengertian cinta menurut para ahli memang banyak, tetapi tak semuanya bisa mewakili makna cinta yang sebenarnya. Saat ini cinta bukan hanya mengenai perasaan wanita kepada lelaki atau sebaliknya, cinta bisa lebih luas dari makna itu. Cinta bisa dirasakan siapa saja, kepada apa saja, dan di mana saja. Rasa kasih saying kepada anak, orang tua, hewan peliharaan, bahkan suatu pekerjaan bisa juga disebut dengan cinta. Makna cinta menjadi tak terbatas karena bisa diartikan dari berbagai segi kehidupan, segi ilmu, dan berbagai penafsiran.

                Sejauh ini belum bisa dipastikan definisi cinta secara gambling dan lugas. Para pakar pun hanya mengartikannya sesuai batasan-batasan yang berbeda-beda. Cinta hanya bisa dikaitkan dengan hal-hal yang berhubungan dengan emosi, perasaan, dan bukanlah logika karena cinta tak mengenal logika, begitu kata pepatah. Setiap orang bisa memberikan konsep mengenai cinta sesuai dengan emosi dan perasaannya. Itu yang menyebabkan pengertian cinta menjadi samar. Tak ada ilmu pasti mengenai cinta, hal itu juga yang membuat makna cinta semakin sulit untuk didefinisikan secara pasti. Cinta bisa ditemukan, dirasakan, dan diapresiasikan dalam kehidupan sehari-hari tanpa ilmu yang perlu untuk dipelajari.

5

                Meski pengertian cinta secara gambling masih sulit dijabarkan, namun ada banyak pakar yang berusaha mengartikannya. Berikut ini adalah pengertian cinta menurut para ahli. Tak selalu bisa dibenarkan, tetapi bisa dijadikan landasan dalam menentukan makna cinta versi kita.

  • Menurut Jalaluddin Rumi, cinta adalah sumber segala sesuatu. Cinta adalah inti dari segala bentuk kehidupan di dunia.
  • Menurut Less Parrot III, cinta adalah campuran aneh dari hal-hal yang bertentangan.
  • Menurut Kahlil Gibran, cinta adalah satu-satunya kebebasan di dunia karena cinta itu membangkitkan semangat hukum-hukum kemanusiaan dan gejala-gejala alami pun tak bisa mengubah perjalanannya.
  • Menurut Sujarwa, cinta adalah perpaduan rasa simpati antara dua makhluk yang tak hanya sebatas dari lelaki kepada wanita, dan sebaliknya.
  • Menurut Quraish Shihab, cinta adalah kecenderungan hati kepada sesuatu karena kenikmatan atau manfaat yang dapat diperoleh dari yang dicintai.
  • Menurut Erich Fromm, cinta adalah seni yang memerlukan pengetahuan serta latihan.
  • Menurut Swihart, cinta adalah usaha aktif produktif yang melibatkan komitmen, penghargaan, perhatian, dan rasa persatuan.
  • Menurut Eric Fromm, cinta adalah suatu seni yang memerlukan pengetahuan serta latihan. Cinta adalah suatu kegiatan dan bukan merupakan pengaruh yang pasif.
  • Menurut Scott Peck, cinta adalah keinginan untuk mengembangkan diri sendiri dengan maksud memelihara pertumbuhan spiritual sendiri atau perkembangan spiritual orang lain.

                Demikian pengertian cinta menurut para ahli. Yang terpenting dalam mengartikan cinta adalah semuanya yang berasal dari hati, tanpa perlu dipikir atau dianalisis. Cinta tak bisa dipelajari karena langsung tulus datang dari hati penikmatnya. Cinta tak bisa dipaksakan dan tak bisa direncanakan seperti ilmu-ilmu lainnya. Namun cinta bisa berkembang dan meluas tergantung situasi yang dirasakannya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian moral , pengertian kepemimpinan , pengertian saham , pengertian islam , pengertian www , pengertian cinta , pengertian blog , pengertian pengetahuan , pengertian laporan , pengertian browser , pengertian olahraga

Related Posts