Pengertian Hyperlink Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Pernahkah Anda mendengar istilah hyperlink? Atau Anda bahkan telah sering menggunakannya? Hyperlink merupakan salah satu kemudahan aplikasi di dunia teknologi komputer dan internet. Keberadaannya kerap kali dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas dalam berselancar di dunia maya. Tak hanya itu, hyperlink juga bisa dipakai dalam Microsoft Office untuk memudahkan penggunanya. Apa sebenarnya hyperlink itu? Apa pula pengertian hyperlink menurut para ahli? Dalam ulasan kali ini akan dibahas segala hal mengenai hyperlink. Bagi Anda yang masih belum tahu atau hanya sekadar tahu sebagian bisa membacanya untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Karena ilmu di bidang teknologi komputer dan internet akan terus dibutuhkan dalam aktivitas sehari-hari.

Hyperlink dikenal juga dengan istilah link adalah teks yang akan membawa pengguna ke tampilan dokumen lainnya. Hyperlink juga merupakan suatu fungsi dalam HTML yang memiliki tujuan memudahkan pengunjung suatu situs untuk menelusuri informasi yang tersimpan dalam situs lainnya yang masih berkaitan. Hyperlink menjadi komponen yang sangat penting karena tanpa adanya hyperlink sebuah halaman web akan terlihat mati dan tidak bisa dihubungkan dengan halaman yang lainnya. Dengan kata lain, hyperlink bisa dikatakan sebagai sebuah penghubung ke halaman web atau jenis file lain, seperti dokumen, gambar, video, audio, aplikasi, dan sebagainya. Link atau hyperlink ini biasanya ditampilkan dengan jenis font atau warna yang berbeda agar terlihat mencolok, dengan mengkliknya Anda akan langsung membuka situs lain yang sesuai dengan link tersebut.

4

Dalam pengertian hyperlink menurut para ahli terdapat dua jenis hyperlink, yakni hyperlink internal dan hyperlink eksternal. Hyperlink internal adalah link yang menghubungkan file-file yang berada dalam satu server yang sama. Hyperlink eksternal adalah link yang menghubungkan file-file yang berada di tempat atau server yang berbeda. Untuk memudahkan pengguna menemukan hyperlink dalam sebuah dokumen atau situs, biasanya ditampilkan dalam bentuk gambar atau tulisan yang berbeda, sesuai dengan penjelasn di atas tadi. Jika kursor mouse diarahkan pada tulisan atau gambar yang merupakan hyperlink, kursor akan berubah menjadi gambar tangan berwarna putih. Hal itu menandakan bahwa gambar atau tulisa tersebut akan menghubungkan Anda ke halaman atau situs lainnya. Bila link ini sudah pernah Anda buka sebelumnya, maka warna link tersebut biasanya akan berubah menjadi ungu untuk mengingatkan bahwa Anda sudah pernah mengunjunginya.

Selain digunakan dalam dunia internet, hyperlink juga biasa digunakan dalam Microsoft Office, baik di Microsoft Word maupun Microsoft Power Point. Kegunaannya pun sama, yakni menghubungkan pengguna ke file lain yang sesuai dengan link tersebut. Bentuk dan format tampilannya juga sama, ditandai dengan gambar atau tulisan yang berwarna beda dengan warna tulisan lainnya, kursor akan berubah menjadi gambar tangan, dan warna link akan berubah ungu bila telah diklik. Perbedaannya hanya pada jaringan dan jenis halamannya saja. Jika di HTML jelas pasti akan menghubungkan ke situs web lainnya, tetapi jika di Office hanya menghubungkan di dokumen lainnya saja. Pengertian hyperlink menurut para ahli di atas bisa Anda coba dan terapkan dalam pembuatan atau penggunaannya. Kemudahan hyperlink akan langsung Anda rasakan bila dibandingkan dengan harus membuka sebuah halaman satu per satu.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian e-learning , pengertian mineral , pengertian tabel , pengertian cuaca , pengertian hyperlink , pengertian pengaruh , pengertian kartu kredit , pengertian jujur , pengertian transistor , pengertian pertanian , pengertian daftar pustaka

Related Posts