Pengertian Tabel Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Mendengar istilah tabel selalu dikaitkan dengan bidang ilmu Matematika. Namun, saat ini tabel juga bisa dipakai dalam berbagai bidang ilmu, salah satunya adalah ilmu komputer dimana terdapat aplikasi membuat tabel yang digunakan untuk mengolah data. Pengertian tabel menurut para ahli juga ikut berkembang luas mengikuti bidang kajian ilmu yang membahas mengenai tabel itu sendiri. Membicarakan mengenai tabel, tentu tak bisa lepas dari grafik dan bagan. Ketiganya merupakan bentuk-bentuk pengolahan data yang sebenarnya berbeda, tetapi memiliki keterkaitan dan kegunaan yang hampir sama. Sebuah data yang sama bisa diolah dan disajikan dalam tabel, grafik, atau bagan dengan syarat datanya lengkap dan terkadang berupa data kuantitaif (data angka).

Apa itu tabel, grafik, dan juga bagan? Kita bahas pengertian ketiganya terlebih dahulu agar bisa membedakan dan lebih mudah mempelajari mengenai tabel lebih lanjut. Tabel adalah sebuah daftar yang berisi data-data informasi berupa kata-kata atau bilangan yang tersusun dengan garis pembatas, bisa dibagi dalam dua jenis batas, yakni kolom dan baris. Grafik adalah lukisan dengan gambar atau garis untuk mengetahui naik turunnya suatu keadaan yang bersumber dari data kuantitaif (angka). Sedangkan bagan adalah gambaran atau sketsa untuk menjelaskan sesuatu, biasanya berupa silsilah atau struktur keorganisasian. Dari ketiga pengertian tersebut dapat diketahui bahwa tabel merupakan bentuk yang paling efisien karena bisa diisikan data berupa kata-kata dan angka.

2

Pengertian tabel menurut para ahli bisa diterapkan pula dalam ilmu komputer dan teknologi. Tabel seringkali juga digunakan dalam pengolahan data berbentuk angka karena tabel memudahkan penyaji dan pembaca memahami maknanya bila dibandingkan sajian dalam bentuk paragraf. Oleh karena itu, beberapa data angka seperti keuangan disajikan dalam bentuk tabel. Di zaman yang serba canggih ini, pengolahan data angka di dalam tabel bisa dilakukan dengan menggunakan perangkat komputer, tentunya dengan fasilitas aplikasi tertentu. Berikut ini adalah jenis-jenis tabel yang biasa digunakan dalam suatu proses data.

  1. Example adalah sebuah tabel yang disediakan oleh aplikasi MySql tanpa adanya dukungan fitur apapun.
  2. CSV adalah tabel yang digunakan untuk menyimpan data pada file teks dengan menggunakan pemisah koma.
  3. MylSAm adalah tabel yang dibuat untuk pengguna yang membutuhkan kecepatan tinggi, tetapi tabel ini tidak bisa menolerir kesalahan pemasukan data sehingga Anda harus sangat teliti ketika memasukkan data ke dalamnya.

Bagaimana caranya membaca atau menemukan infromasi di dalam tabel? Hal ini juga penting untuk diketahui karena fungsi tabel memang memudahkan pembaca dalam memahami sebuah data atau informasi. Pertama, bacalah judul tabel, biasanya terletak paling atas dan berada di luar tabel. Kedua, perhatikan keterangan atau sumber darimana tabel itu berasal, tak semua tabel memiliki ini. Ketiga, perhatikan tiap kolom dan baris yang ada disana, apa saja yang ditulis sebagai penunjuknya. Keempat, bacalah tabel dengan cara dimulai dari kolom sebelah kiri atas lalu berjalan ke kanan kemudian ke bawah. Demikian ulasan mengenai pengertian tabel menurut para ahli.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian e-learning , pengertian mineral , pengertian tabel , pengertian cuaca , pengertian hyperlink , pengertian pengaruh , pengertian kartu kredit , pengertian jujur , pengertian transistor , pengertian pertanian , pengertian daftar pustaka

Related Posts