Manfaat khasiat Buah dan Daun Mengkudu untuk Kesehatan

 Kesehatan

Buah mengkudu atau di Jawa biasa dikenal dengan pace telah diketahui memiliki banyak manfaat dari dulu. Buah dengan ciri khas totol-totol di sekujur tubuhnya ini memiliki rasa yang khas. Berbeda dengan buah-buah lainnya, mengkudu tidak bisa dikonsumsi selayaknya buah pada umumnya. Mengkudu memang dikhususkan untuk pengobatan, bukan untuk dikonsumsi biasa. Selain buahnya, daun mengkudu juga mengandung banyak khasiat bagi kesehatan dan pengobatan. Manfaat buah dan daun mengkudu untuk kesehatan tidak bisa dianggap remeh karena telah banyak buktinya. Sejak dulu mengkudu telah dipercaya sebagai bahan pengobatan alami untuk berbagai jenis penyakit.

Manfaat buah dan daun mengkudu untuk kesehatan. Buah mengkudu mengandung berbagai macam zat yang berguna bagi tubuh. Di dalam buah mengkudu terdapat zat nutrisi berupa protein, vitamin, mineral, antioksidan, dan selenium. Selain itu, mengkudu juga mengandung terpenoid, zat anti bakteri, dan zat anti kanker. Zat terpenoid berguna untuk membantu proses sintesis organik dan pemulihan sel-sel pada tubuh. Zat anti bakteri berguna untuk membunuh bakteri yang menjadi penyebab infeksi dan mengontrol bakteri pathogen. Zat anti kanker di dalamnya berfungsi untuk melawan sel-sel abnormal. Dengan berbagai macam kandungan zat tersebut, sudah tidak diragukan lagi bahwa buah mengkudu memang ampuh sebagai pengobatan alami dan lebih baik bila dibandingkan dengan obat kimia di pasaran.

4

Selain buah, daun mengkudu juga memiliki banyak kandungan zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan. Di dalam daun mengkudu terkandung colopetin, zat anti bakteri, terpenoid, dan zat terpenes. Colopetin berfungsi untuk mengatasi peradangan pada jerawat dan mencegah alergi. Zat anti bakteri mampu melemahkan kuman penyebab jerawat. Terpenoid bisa memulihkan sel-sel kulit yang yang rusak karena jerawat. Zat terpenes mampu meremajakan kulit yang terkena jerawat batu. Manfaat buah dan daun mengkudu untuk kesehatan secara lengkap akan diuraikan di bawah ini.

  • Manfaat dari buah mengkudu
  • Mencegah kanker dan tumor yang menyerang organ-organ tubuh vital.
  • Meningkatkan sistem imun atau daya tahan tubuh
  • Membunuh bakteri penyebab infeksi
  • Memperlancar peredaran darah karena kandungan zat colopetin yang mampu memperlebar saluran peredaran darah sehingga aliran darah di dalam tubuh akan tetap lancar.
  • Sebagai anti inflamasi yang mampu mencegah peradangan dan menurunkan risiko penykit serangan jantung.
  • Sebagai analgesic yang bisa digunakan untuk meredam sakit kepala.
  • Mengatasi demam, batuk, masuk angin dan sakit perut
  • Memperlancar saluran pencernaan dan menyembuhkan berbagai penyakit perut seperti kembung, muntah, luka pada usus, dan radang lambung.
  • Manfaat daun mengkudu

Manfaat dari daun mengkudu adalah untuk menyembuhkan atau menghilangkan jerawat batu pada wajah. Jerawat batu adalah jerawat kecil-kecil yang berwarna putih dan biasanya tidak disertai dengan peradangan atau rasa sakit, tetapi penyembuhannya sangat lama. Sebagian besar orang menyepelekan jerawat batu karena tidak ada rasa sakit, tetapi jika tidak diatasi bisa mengganggu kesehatan wajah dan merusak kecantikan. Untuk mengobati jerawat batu bisa dibuat ramuan dari daun mengkudu yang dicampur dengan garam dan minyak zaitun. Campuran tersebut dipakai masker secara merata pada wajah.

Related Posts