Pengertian Poster Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Poster yang kita kenal biasanya berisi gambar-gambar tokoh atau artis idola kita. Poster-poster tersebut bisa ditempel di dinding kamar atau diberi pigura seperti halnya sebuah foto. Namun, benarkah hakikat poster memang hanya berupa gambar-gambar tokoh atau idola seperti itu? Lalu, bagaimana pula pengertian poster menurut para ahli yang bisa dipelajari? Kenyataannya, poster tidak hanya seperti yang dipaparkan di atas. Poster telah berkembang menjadi hal yang lebih fungsional. Bahkan, media poster masuk dalam sebuah bidang studi tertentu dalam duni pendidikan. Hal tersebut menekankan bahwa keberadaan poster semakin penting dan mempengaruhi kehidupan modern ini.

                Secara umum, poster bisa didefinisikan sebagai pengumuman atau iklan berbentuk gambar atau tulisan yang ditempelkan di dinding atau temoat-tempat umum yang strategis agar mudah dilihat orang. Sumber lain mendefinisikan poster sebagau ajakan atau imbauan untuk melakukan sesuatu. Pada dasarnya sebuah poster dibuat dengan tujuan untuk menarik perhatian banyak orang agar berpartisipasi memenuhi imbauan yang disampaikan dalam poster tersebut. Poster biasanya memiliki ukuran sekitar 50×60 cm. karena terbatasnya ukuran, satu poster hanya memiliki satu tema dan tidak terlalu banyak kalimat. Poster juga bisa bertujuan untuk mengingatkan kembali dan mengarahkan pembaca ke arah tindakan tertentu.

4

                Selain definisi secara umum di atas, ada pula pengertian poster menurut para ahli. Pengertian-pengertian ini disampaikan dari berbagai macam sudut pandang. Berikut ini pengertian yang dikemukakan para ahli mengenai poster.

  • Menurut Sudjana dan Rivai, poster adalah kombinasi visual dari rancangan yang kuat dengan warna dan pesan dengan maksud untuk menangkap perhatian orang yang lewat tetapi cukup lama menanamkan gagasan yang berarti dalam ingatannya.
  • Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), poster adalah plakat yang dipasang di tempat umum yang berupa pengumuman atau iklan.
  • Menurut Zanu, poster merupakan gambar-gambar yang dirancang sedemikian rupa sehingga menarik perhatian, sedikit menggunakan kata-kata, dicetak pada sehelai kertas atau bahan lain yang ditempelkan pada tempat tertentu.
  • Menurut Ensiklopedi Bahasa, poster adalah alat untuk engiklankan sesuatu, alat propaganda, protes, dan maksud-maksud lain untuk menyampaikan berbagai pesan.
  • Menurut Ekokasih, poster adalah tulisan atau plakat yang dipasang di tempat-tempat umum, berupa pengumuman yang berisi pesan atau imbauan untuk masyarakat.

                Pendapat-pendapat ahli di atas menyiratkan bahwa poster adalah salah satu sarana yang digunakan untuk menyampaikan pesan yang dipasang di tempat umum. Selain itu, poster juga dianggap sebagai alat untuk menyampaikan pesan tetapi juga sebagai salah satu karya seni atau desain grafis. Jika ingin menarik perhatian dan mempunyai pengaruh yang cukup kuat dalam menyampaikan pesan, poster haruslah memiliki daya tarik pandang yang kuat. Untuk itu dalam mendesain poster haruslah mematuhi karakteristik poster.

                Selain pengertian poster menurut para ahli, hal yang penting untuk diketahui adalah jenis-jenis poster. Berdasarkan isinya, poster dibagi menjadi tiga, yakni poster niaga, poster kegiatan, dan poster layanan masyarakat. Sedangkan berdasarkan ada atau tidaknya ilustrasi yang digunakan bisa dibagi menjadi dua, yakni poster notis atau hanya berupa kata-kata saja tanpa ilustrasi atau gambar dan yang kedua adalah poster berilustrasi.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian server , pengertian pergaulan bebas , pengertian hiv aids , pengertian virus , pengertian poster , pengertian media pembelajaran , pengertian karya ilmiah , pengertian e-mail , pengertian obligasi , pengertian haji , pengertian url

Related Posts