Manfaat Terong Belanda dan Terong Ungu bagi Kesehatan

 Kesehatan

Terong merupakan salah satu jenis sayuran yang sangat digemari banyak orang. Jenis terong beraneka ragam, ada terong hijau, terong ungu, dan yang saat ini sedang popular adalah terong Belanda. Selain bisa dimanfaatkan untuk masakan, terong bisa juga diolah menjadi jus, terutama terong ungu dan terong Belanda. Manfaat terong Belanda dan terong ungu bagi kesehatan sudah bukan merupakan rahasia lagi. Apalagi sayuran ini merupakan sayuran yang sangat mudah ditemui di pasaran sehingga sudah banyak orang yang memanfaatkannya. Harganya yang relatif murah membuat terong semakin menarik banyak peminatnya. Murah dan berkhasiat, siapa yang tidak tertarik padanya?

Dari segi fisiknya, terong ungu berukuran lebih besar daripada terong Belanda. Terong ungu lazimnya diolah menjadi berbagai jenis masakan, mulai dari masakan rebus, tumis, kuah santan, kuah bening, hingga digoreng. Terong ungu juga bisa diolah menjadi jus, namun tak banyak orang yang menyukainya karena memang tidak umum. Berbeda dengan terong Belanda yang memang dikenal sebagai salah satu jenis buah. Terong Belanda bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi minumas jus yang menyegarkan. Selain segar dan nikmat, jus terong Belanda kaya akan khasiat karena memiliki banyak kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya. Terong Belanda juga bisa diolah menjadi sirup, selai, rujak, salad, dan yang terbaru adalah olahan terong Belanda menjadi es krim.

4

Berbagai macam olahan terong Belanda dan terong ungu membuat masyarakat semakin menyukainya. Olahan-olahan tersebut tidak membuat manfaat terong Belanda dan terong ungu bagi kesehatan menjadi pudar. Adapun manfaat dari kedua jenis terong tersebut untuk kesehatan tubuh kita adalah sebagai berikut.

44

  • Menjaga kesehatan jantung, tetapi pengolahannya jangan digoreng agar tidak menyerap minyak terlalu banyak
  • Mencegah kanker dan sembelit
  • Mengobati sariawan dengan cara mencampurkan irisan terong pada jeruk yang telah diblender. Kandungan vitamin C pada terong akan mempercepat proses penyembuhan sariawan.
  • Mengobati panas dalam
  • Menjaga kesehatan mata karena kandungan provitamin A sehingga dapat menggantikan peran wortel.
  • Meningkatkan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh
  • Mengurangi stress dan mengontrol tekanan darah tinggi karena mengandung bioflavonoid
  • Memperlancar proses pencernaan karena kandungan serat di dalamnya
  • Menurunkan berat badan karena rendah kalori dan tidak berlemak
  • Meningkatkan sirkulasi darah, terutama bila memasak terong tanpa mengupas kulitnya
  • Mengontrol kadar gula di dalam darah sehingga mencegah penyakit kencing manis atau diabetes
  • Mencegah penggumpalan darah karena kandungan vitamin K yang mampu memperkuat dinding pembuluh darah

Manfaat terong Belanda dan terong ungu bagi kesehatan yang telah dipaparkan di atas akan Anda dapatkan bila mengonsumsi terong Belanda dan terong ungu secara rutin. Untuk mengolah terong Belanda sebagai jus, Anda bisa mencampurkan madu sebagai pengganti gula, susu atau yoghurt, dan menambahkan beberapa es batu agar rasanya lebih segar dan nikmat. Terong Belanda memiliki rasa yang asam manis sehingga sangat cocok dikonsumsi sebagai jus yang dingin dan diminum siang hari ketika cuaca sangat terik.

Related Posts