Manfaat khasiat Pete bagi Kesehatan

 Kesehatan

Apa yang ada di benak Anda ketika membicarakan mengenai pete? Bau, makanan desa, tidak enak, dan menjijikkan? Jangan buru-buru menyimpulkan terlebih dahulu, pete yang selama ini dipandang sebelah mata ternyata juga memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Manfaat khasiat pete bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi kebenarannya karena telah didasarkan pada berbagai penelitian. Pete atau petai memiliki nama Latin Parkia Speciosa yang merupakan pohon tropis tahunan dari suku polong-polongan. Pete diyakini mengandung tiga gula alami, yakni sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan kandungan serat. Pete sendiri memiliki ciri fisik memanjang dan bertipe seperti buah polong, dalam satu bongkol biasanya berisi belasan buah pete, di dalam datu buah pete terdapat sekitar 20 biji pete berwarna hijau yang terbalut selaput tipis berwarna cokelat terang.

Buah pete memang telah dipercaya ampuh dalam mengobati berbagai jenis penyakit dan sangat baik bagi kesehatan tubuh. Adapun manfaat pete bagi kesehatan adalah sebagai berikut.

2

  • Menghindarkan diri dari depresi karena pete mengandung tryotophhan, yakni sejenis protein yang diganti oleh tubuh menjadi serotonin yang mampu membuat pengonsumsinya menjadi rileks dan bahagia.
  • Memacu kekuatan otak karena kandungan kalium yang tinggi.
  • Mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi karena tinggi kalium dan rendah garam.
  • Menghindari rasa mual di pagi hari karena dengan mngonsumsi pete di antara jam makan bisa menjaga kandungan gula.
  • Mencegah anemia karena kandungan zat besi yang cukup tinggi sehingga bisa merangsang produksi sel darah merah.
  • Menghindari kegemukan karena pete mengandung karbohidrat yang tinggi sehingga kandungan gula di dalam darah bisa diseimbangkan.
  • Membuat awet muda karena kandungan proteinnya sehingga dapat meregenerasi kulit. Pete juga umum dijadikan bahan untuk kosmetik kecantikan.
  • Menjaga saluran pencernaan karena kandungan seat (dietary fibers) yang sangat tinggi. Struktur pete yang halus dan lembut mampu menjaga pencernaan dan menetralkan asam lambung.
  • Mengobati penyakit hati dan ginjal karena kandungan antioksidan yang mampu menangkal segala macam radikal bebas dari luar.

Nah, sangat beragam dan luar biasa kan manfaat dari buah pete untuk kesehatan tubuh? Meski rasa dan baunya sangat tidak bersahabat, ternyata ada sisi lain yang bisa diambil dan dipetik dari buah pete. Untuk mengonsumsi pete, Anda bisa mengolahnya menjadi berbagai macam masakan agar rasa dan baunya tidak setajam saat mentah. Jangan lupa perhatikan cara memasaknya agar kandungan nutrisi dan vitaminnya tidak hilang saat proses pemasakan.

Pete biasa dimasak dengan cara digoreng setengah matang lalu dikonsumsi bersama sambal. Selain itu, bisa juga diolah menjadi sambal goreng pete yang dicampur dengan kentang, wortel, dan hati ampela. Pengolahan-pengolahan seperti itu memang menjadi siasat agar pete bisa dikonsumsi dengan lebih nikmat. Untuk hasil yang lebih maksimal, pete sebaiknya dikonsumsi secara mentah tanpa digoreng atau diolah. Dengan begitu, manfaat pete bagi kesehatan akan lebih terasa karena tidak tercampur dengan berbagai bahan lainnya. Diolah ataupun tidak, mengonsumsi pete dengan rutin dan dalam takaran tertentu akan memebrikan manfaat yang baik bagi tubuh.

Related Posts