Pengertian Printer Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Bagi Anda yang sering bekerja dengan komputer dan memerlukan pencetakan data, pasti sudah tidak asing lagi dengan mesin bernama printer. Printer merupakan salah satu alat pendukung perangkat keras komputer. Teknologi satu ini memang telah mengubah banyak hal dan memberikan banyak manfaat bagi penggunanya. Perkembangan printer semakin pesat disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat terhadap alat pencetak. Kecanggihan printer juga terus berkembang dan semakin dilengkapi dengan fitur-fitur menarik yang lebih bermanfaat. Mengetahui bentuk barang dan fungsinya belumlah lengkap bila tidak memahami pengertiannya, termasuk pengertian printer menurut para ahli. Dengan mengetahui pengertian dari sesuatu akan membuat kita bisa lebih memahami fungsi dan manfaat keberadaan suatu barang.

                Pengertian printer secara sederhana adalah sebuah alat yang ada pada komputer digunakan untuk mencetak dokumen. Printer juga bisa diartikan sebagai perangkat keras yang akan bekerja bila pengguna menghubungkannya dengan perangkat komputer, hasil cetakannya bisa berupa tulisan dan gambar pada media kertas. Sesuai dengan perkembangan teknologi, saat ini printer tak hanya mampu mencetak gambar dan tulisan dari komputer saja, tetapi bisa juga dihubungkan dengan kamera, tablet, dan berbagai teknologi canggih lainnya. Gambarannya adalah seperti ini, bila monitor berfungsi untuk menampilkan data secara digital, printer mampu menampilkan dokumen secara konkret dan lebih nyaman untuk dilihat dalam waktu lebih lama.

7

                Sejarah mengenai printer merupakan hal yang juga perlu untuk dimengerti selain pengertian printer menurut para ahli. Di Cina, teknik mencetak sudah dilakukan sejak abad ke-14 meski hanya mencetak secara sederhana. Orang Cina telah berhasil menciptakan tinta dan block printing yang terus berkembang. Namun, perkembangan teknologi mencetak di Cina kalah bersaing dengan teknologi Eropa. Hal tersebut karena alphabet Cina memiliki ribuan ideogram spesifik yang sulit diterapkan dalam mesin tik sehingga Eropa semakin memimpin perkembangannya. Awal tahun 1950-an, di Eropa terjadi perkembangan budaya yang sangat pesat yang membutuhkan proses produksi dokumen tulis yang cepat dan murah. Akhirnya Johannes Guternberg, seorang tukang emas dan usahawan dari jerman, mengembangkan teknologi mesin cetak secara revolusioner. Sejak saat itu, mesin cetak terus berkembang pesat hingga saat ini.

Pengertian printer menurut para ahli juga mencakup jenisnya. Ada berbagai jenis printer yang sudah diproduksi sampai sejauh ini. Tentunya berbagai jenis printer ini terus berkembang dengan banyak kecanggihan baru di setiap kemunculannya. Jenis-jenis printer tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Printer Dot Matrix adalah jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan pita sebagai bahannya. Hasilnya berupa titik-titik kecil yang saling berhubungan dan membentuk tulisan. Kelemahan printer jenis ini adalah hasil cetakannya kurang halus dan kurang bagus.
  2. Printer Ink Jet adalah jenis printer dengan metode pendetakan menggunakan tinta cair. Hasil yang diciptakan lebih bagus dan halus bila dibandingkan dengan printer pita. Printer jenis ini juga sudah bisa menghasilkan cetakan berwarna. Pada printer ini tinta bisa diisi ulang bila sudah habis. Letak tinta juga bisa dimodifikasi berada di luar printer yang disebut dengan injeksi.
  3. Printer laser jet adalah jenis printer dengan metode pencetakan menggunakan tinta bubuk atau toner yang diproses menggunakan perangkat infra merah. Hasil cetakan dari printer ini adalah yang paling bagus sampai saat ini karena memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetakannya lebih cepat kering.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian deposito , pengertian diksi , pengertian sabar , pengertian desentralisasi , pengertian karbohidrat , pengertian sikap , pengertian identitas nasional , pengertian printer , pengertian perilaku , pengertian kebijakan publik , pengertian tabungan

Related Posts