Pengertian Identitas Nasional Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Sebagai suatu bangsa yang berkembang dan semakin bertumbuh besar, identitas nasional merupakan hal yang sangat diperlukan untuk bisa meningkatkan rasa nasionalisme dalam diri warganya. nasionalisme adalah sebuah situasi kejiwaan dimana kesetiaan seseorang secara total diberikan kepada negara dan bangsa. Identitas nasional sangat erat kaitannya dengan nasionalisme seseorang. Apalagi untuk negara sevesar Indonesia yang terdiri dari berbagai macam suku, bangsa, dan agama, serta pula-pulau yang dipisahkan oleh lautan. Dari keberagaman itulah diperlukan identitas nasional yang dalam hal ini adalah pancasila sebagai pemersatu. Sebelum menjelaskan lebih lanjut, apa sebenarnya identitas nasional itu? Apa pula pengertian identitas nasional menurut para ahli? Kedua pertanyaan tersebut akan diulas lengkap dalam pembahasan di bawah ini.

                Istilah identitas nasional terbentu dari dua kata, yakni identitas dan nasional. Identitas dapat diartikan sebagai ciri atau kekhasan yang melekat pada suatu hal sehingga bisa menunjukkan keunikannya serta membedakannya dengan hal lainnya. Sedangkat nasional bermakna kesatuan komunitas sosio-kultural yang mempunyai cita-cita, dieologi, tujuan, dan semangat yang sama. Dengan demikian identitas nasional bisa diartikan sebagai ciri atau sifat khas yang dimiliki oleh suatu bangsa yang dapat membedakannya dengan bangsa lainnya. Identitas nasional bisa menjadi manifestasi nilai-nilai budaya yang sudah tumbuh dan berkembang dalam berbagai aspek kehidupan dengan acuan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika sebagai dasar.

6

                Definisi identitas nasional juga disampaikan oleh beberapa pakar di bidangnya. Berikut ini adalah beberapa pengertian identitas nasional menurut para ahli.

  • Menurut Dean A. Mix dan Sandra M. Hawley, identitas nasional adalah bangsa yang mempunyai bangunan politik seperti ketentuan-ketentuan perbatasan territorial pemerintah yang sah dan mendapatkan pengakuan dari bangsa lain.
  • Menurut Koenta Wibisono, identitas nasional adalah manifestasi nilai budaya yang berkembang dalam aspek kehidupan suatu bangsa dengan ciri khas tertentu yang berbeda dengan bangsa lainnya.
  • Menurut Koerniatmante, identitas nasional secara hukum mengatur mengenai kewarganegaraan sebagai suatu konsekuensi langsung dari perkembangan nasionalisme.

Di atas telah dijelaskan bahwa identitas nasional memiliki keterkaitan dengan nasionalisme. Berikut ini pengertian nasionalisme yang dikemukakan oleh ahli sebagai bahan pemahaman lebih lanjut mengenai identitas nasional.

  • Menurut Hans Kohn, nasionalisme adalah kesetiaan tertinggi yang diberikan oleh individu kepada bangsa dan negara.
  • Menurut Joseph Ernest Renan, nasionalisme adalah sekelompok individu yang bersatu dengan kemauan dan kebutuhan psikis.
  • Menurut Louis Snyder, nasionalisme adalah hasil dari faktor politis, ekonomi, sosial, dan intelektual pada suatu taraf tertentu dalam sejarah.
  • Menurut Otto Bauer, nasionalisme adalah kesatuan perasaan dan perilaku yang timbul karena persamaan nasib.

                Berdasarkan pengertian identitas nasional menurut para ahli di atas, bisa diketahui bahwa identitas nasional terbentu dari rasa bahwa setiap bangsa memiliki pengalaman, sejarah, dan penderitaan yang sama. Identitas nasional sangat diperlukan dalam kaitannya dengan interaksi karena dalam berinteraksi seseorang selalu berpedoman kepada kebudayaannya. Dengan demikian bisa disimpulkan bahwa identitas nasional merupakan sebuah pandangan hidup dan kepribadian bangsa yang bersumber pada filsafat Pancasila dan juga berfungsi sebagai ideologi negara. Identitas nasional juga memiliki kedudukan paling tinggi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian deposito , pengertian diksi , pengertian sabar , pengertian desentralisasi , pengertian karbohidrat , pengertian sikap , pengertian identitas nasional , pengertian printer , pengertian perilaku , pengertian kebijakan publik , pengertian tabungan

Related Posts