Pengertian Perilaku Konsumen Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Dunia perekonomian dan teknologi semakin berkembang dengan pesatnya. Hal tersebut memengaruhi strategi yang harus dikeluarkan oleh perusahaan-perusahaan dalam memasarkan produknya agar tetap diminati konsumen. Mereka harus saling bersaing untuk dapat merebut minat konsumen pada produk-produk mereka. Dengan alasan itulah perusahaan harus bisa memahami dan mempelajari perilaku konsumen yang akan menjadi sasaran pemasarannya. Apa yang dimaksud dengan dengan perilaku konsumen? Dalam memilih dan menentukan produk yang akan dibeli atau dikonsumsi, konsumen selalu mempertibangkan banyak hal sebelum akhirnya memutuskan untuk membelinya, itulah gambaran mengenai perilaku konsumen. Lalu, bagaimana dengan pengertian perilaku konsumen menurut para ahli? Tentunya tidak jauh berbeda, tetapi para pakar lebih bisa menjabarkannya sesuai dengan teori dan penelitian yang pernah dilakukan.

                Pengertian perilaku konsumen menurut para ahli didasari pada pengertiannya secara umum. Secara umum, perilaku konsumen atau disebut juga dengan consumen behavior adalah sebuah kegiatan individu yang secara langsung terlibat dalam memperoleh dan menggunakan barang dan jasa, termasuk di dalamnya adalah proses pengambilan keputusan dan penentuan kegiatan-kegiatan tersebut.  Dalam perilaku konsumen, pengambilan keputusan tidak serta merta langsung terjadi, dibutuhkan proses yang panjang terkait dengan keputusan tersebut. Konsumen biasanya mempertimbangkan banyak hal, misalnya harga, kualitas barang atau jasa, vital tidaknya fungsi dalam kehidupan, tingkat kebutuhan, kelebihan dengan produk barang dan jasa lainnya, serta hal-hal lain yang bersifat konkret. Hal tersebut dilakukan agar konsumen tidak merasa dirugikan telah mengeluarkan uang untuk mendapatkannya. Sudah bukan rahasia lagi bahwa manusia akan terus berusaha mendapatkan kepuasan maksimal dan akan terus melakukannya dalam jangka waktu lama.

8

                Pengertian perilaku konsumen menurut para ahli bisa lebih dalam menjelaskan mengenai definisi di atas. Berikut ini adalah beberapa pengertian para pakar mengenai perilaku konsumen.

  • Menurut Mowen, perilaku konsumen adalah aktivitas seseorang saat memperoleh, mengonsumsi, dan membuang barang atau jasa.
  • Menurut Umar, perilaku konsumen adalah tindakan langsung dalam memperoleh, mengonsumsi, dan menghabiskan barang dan jasa, termasuk proses keputusan mendahului dan mengikuti tindakan tersebut.
  • Menurut Schiffman dan Kanuk, perilaku konsumen adalah proses seseorang dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan bertindak setelah mengonsumsi barang dan jasa, serta ide yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhannya.
  • Menurut Sumarwan, perilaku konsumen adalah tindakan langsung dalam memperoleh, mengonsumsi, dan menghabiskan barang dan jasa, termasuk di dalamnya terdapat proses pengambilan keputusan dan mengikuti tindakannya.
  • Menurut Dharmmesta dan Handoko, perilaku konsumen adalah keputusan pembelian barang dan jasa, pemahaman mengenai perilaku konsumen meliputi seperti apa yang dibeli, dimana membeli, bagaimana kebiasaan membeli, dan dalam keadaan apa barang dan jasa dibeli.
  • Menurut Engel, Blackwell, dan Miniard, perilaku konsumen adalah tindakan-tindakan yang dilakukan produsen, termasuk proses mendahului dan mengikuti tindakan tersebut yang terlibat secara langsung dalam memperoleh, mengonsumsi, dan membuang produk dan jasa.
  • Menurut Prasetijo dan Ihalauw John, perilaku konsumen adalah proses yang dilalui seseorang dalam mencari, membeli, menggunakan, mengevaluasi, dan bertindak setelah mengonsumsi produk, jasa, dan ide yang diharapkan bisa memenuhi kebutuhannya.
  • Menurut The American Marketing Association, perilaku konsumen adalah interaksi yang dinamis dari pengaruh dan kesadaran, perilaku dan lingkungan tempat manusia melakukan pertukaran aspek hidupnya.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian deposito , pengertian diksi , pengertian sabar , pengertian desentralisasi , pengertian karbohidrat , pengertian sikap , pengertian identitas nasional , pengertian printer , pengertian perilaku , pengertian kebijakan publik , pengertian tabungan

Related Posts