Pengertian Kebijakan Publik Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Sebagai warga negara yang hidup di wilayah hukum suatu negara, permasalahan mengenai banyak hal termasuk kenegaraan memang seringkali terjadi. Negara menjadi pihak yang bertanggung jawab untuk melindungi kehidupan rakyatnya dituntut untuk bisa menyelesaikan semua permasalahn yang ada tersebut. Pada saat itulah dibutuhkan yang namanaya kebijakan publik untuk menjadi salah satu solusi terbaik.apa itu kebijakan publik? Apa pula pengertian kebijakan publik menurut para ahli? Melihat begitu pentingnya peranan kebijakan publik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara membuat keberadaannya dipahami oleh banyak orang, khususnya bagi mereka yang sangat tertarik dengan bidang pemerintahan dan hukum.

                Kebijakan publik dapat diartikan sebagai suatu aturan yang dibuat pemerintah sebagai bagian dari keputusan politik untuk mengatasi berbagai permasalahan yang berkembang di masyarakat. Selain pengertian tersebut, ada pula pengertian kebijakan publik menurut para ahli. Berikut ini adalah pengertian-pengertian yang dimaksud.

9

  • Menurut Chief Udoji, kebijakan publik adalah suatu tindakan bersanksi yang memiliki tujuan dan diarahkan pada suatu masalah yang saling berkaitan dan memengaruhi sebagian besar masyarakat.
  • Menurut Thomas R. Dye, kebijakan publik adalah apapun yang dilakukan dan tidak dilakukan oleh pemerintah.
  • Menurut David Easton, kebijakan publik adalah tidak hanya terbatas pada apa yang dilakukan oleh pemerintah, tetapi juga apa yang tidak dilakukan oleh pemerintah karena sama-sama memiliki alasan untuk dipertanggungjawabkan.
  • Menurut Edward, kebijakan publik adalah apapun yang dinyatakn, dilakukan, dan tidak dilakukan oleh pemerintah sebagai tujuan suatu program yang diterapkan secara jelas dalam peraturan perundang-undangan.
  • Menurut Woll, kebijakan publik adalah aktivitas pemerintah untuk mengatasi masalah di masyarakat, baik secara langsung maupun melalui lembaga-lembaga di kehidupan masyarakat.
  • Menurut Mustopadidjaja, kebijakan publik adalah suatu keputusan yang bertujuan untuk mengatasi permasalahan dalam suatu kegiatan yang dilakukan oleh instansi pemerintahan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan.
  • Menurut Chandler dan Plano, kebijakan publik adalah pemanfaatan yang strategis mengenai sumber daya yang ada untuk mengatasi masalah pemerintah.
  • Menurut Easton, kebijakan publik adalah pengalokasian nilai-nilai kekuasaan untuk semua masyarakat yang keberadaannya mengikat.
  • Menurut Jonnes, kebijakan publik adalah suatu kelanjutan kegiatan pemerintah di masa lampau dengan mengubah sedikit demi sedikit.
  • Menurut Anderson, kebijakan publik adalah kebijakan yang dibangun oleh badan dan pejabat pemerintahan, implikasinya adalah kebijakan tersebut mempunyai tujuan tertentu, berisi tindakan pemerintah, benar-benar dilakukan oleh pemerintah, bersifat positif, dan berdasar pada peraturan perundang-undangan.

                Dalam menentukan kebijakan publik, pemerintah tidak langsung melakukan tindakan. Ada langkah-langkah atau tahap-tahal yang harus dilakukan secara sistematis agar kebijakan tersebut bisa menyelesaikan masalah dengan baik. Tahap-tahap tersebut juga tercermin dalam pengertian kebijakan publik menurut para ahli. Tahap-tahap yang dimaksud adalah (1) penyusunan agenda, (2) formulasi kebijakan, (3) adopsi atau legitimasi kebijakan, dan (4) evaluasi kebijakan. Penyusunan agenda merupakan sebuah tahap yang strategis untuk memulai suatu kebijakan. Dalam tahap inilah ada sebuah ruang untuk memaknai sebuah permasalahan. Formulasi kebijakan menyangkut tahap definisi dari masalah yang akan dipecahkan. Legitimasi kebijakan memiliki tujuan untuk memberikan otorisasi pada proses dasar pemerintahan. Evaluasi kebijakan merupakan kegiatan berupa penilaian kebijakan pantas atau tidaknya untuk dilakukan.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian deposito , pengertian diksi , pengertian sabar , pengertian desentralisasi , pengertian karbohidrat , pengertian sikap , pengertian identitas nasional , pengertian printer , pengertian perilaku , pengertian kebijakan publik , pengertian tabungan

Related Posts