Pengertian Sikap Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Sikap atau attitude merupakan salah satu hal yang bisa dinilai dari diri seseorang. Dari sikapnya, seseorang bisa dianggap baik atau buruk, dewasa atau kekanak-kanakan, sederhana atau mewah, bangsawan atau rakyat biasa, dan sebagainya. Melihat peran sikap sangat vital dalam kehidupan sosial membuat banyak orang rela menghabiskan  banyak uang untuk membentuk sikap dan pribadi yang baik melalui sekolah kepribadian. Tak sedikit pula yang mengubah sikap secara drastis demi mendapatkan apa yang diinginkan, misal pasangan, harta, kedudukan, rasa simpati, dan lain-lain. Sebegitu penting peran sikap membuat banyak pakar tertarik untuk melakukan penelitian mengenai hal tersebut. Dari situlah muncul banyak pengertian sikap menurut para ahli yang juga menarik untuk didalami. Tidak ada salah dan ruginya mempelajari segala hal mengenai sikap.

                Sebelum membahas mengenai pengertian sikap menurut para ahli, terlebih dahulu dimulai dengan pengertian secara umum. Secara umum, sikap bisa didefinisikan sebagai perasaan, pikiran, dan kecenderungan seseorang yang bersifat permanen mengenal lingkungan sekitarnya. Sikap juga bisa dimaknai sebagai suatu keadaan dalam diri manusia yang menggerakkannya untuk berbuat dalam aktivitas sosial dengan perasaan tertentu, juga dalam menanggapi objek situasi atau kondisi di sekitarnya. Sikap membuat seseorang bisa dinilai secara positif atau negatif, sekaligus bisa mendapatkan beragam respon dari orang sekitar dan lingkungannya terhadap situasi tertentu. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pengertian sikap adalah perbuatan yang berdasarkan pada pendirian dan keyakinan, sikap juga bisa disamakan dengan perilaku.

5

                Sikap menjadi pokok bahasan menarik karena keterkaitannya dengan orang lain dan lingkungan sekitar. Berbagai penelitian mengenai sikap juga menjadi hal menarik yang untuk disimak. Salah satunya adalah pengertian sikap menurut para ahli yang akan dijabarkan berikut ini.

  • Menurut Sarnoff, sikap adalah kesediaan untuk bereaksi secara positif atau negatif terhadap objek tertentu.
  • Menurut Notoatmodjo, sikap adalah reaksi atau respon yang masih tertutup bagi seseorang pada suatu stimulus atau objek.
  • Menurut Louis Thurstone, Rensis Likert, dan Charles Osgood, sikap adalah bentuk evaluasi atau reaksi perasaan yang mendukung atau memihak.
  • Menurut Fishbein & Ajzen, Oskamp, Petty & Cacioppo, sikap adalah penilaian positif atau negatif terhadap suatu objek.
  • Menurut Bimo Walgito, sikap adalah keyakinan seseorang tentang suatu objek atau situasi yang relatif tetap dan teratur disertai adanya perasaan tertentu dan memberikan dasar untuk merespon dengan cara tertentu yang dipilihnya.
  • Menurut LaPierre, sikap adalah pola perilaku, tendesi atau kesiapan antisipatif, dan predisposisi untuk menyesuaikan diri dalam situasi sosial. Sikap adalah respons terhadap stimulus sosial yang telah terkondisikan.
  • Menurut Secord & Backman, sikap adalah keteraturan dalam hal perasaan, pemikiran, dan predisposisi tindakan seseorang pada suatu aspek di lingkungan sekitarnya.
  • Menurut Soetarno, sikap adalah pandangan atau perasaan yang disertai dengan kecenderungan untuk bertindak terhadap objek tertentu.
  • Menurut Thurstone, sikap adalah derajat afek positif atau negatif terhadap suatu objek psikologis.
  • Menurut Breckler, Katz & Stotland, Rajecki, sikap adalah kombinasi reaksi afektif, perilaku, dan kognitif.
  • Menurut Krech dan Crutchfield, sikap adalah organisasi bersifat menetap dari proses motivasional, emosional, perseptual, dan kognitif mengenai aspek individu.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian deposito , pengertian diksi , pengertian sabar , pengertian desentralisasi , pengertian karbohidrat , pengertian sikap , pengertian identitas nasional , pengertian printer , pengertian perilaku , pengertian kebijakan publik , pengertian tabungan

Related Posts