Pengertian Diksi Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Diksi atau pilihan kata merupakan istilah yang umum digunakan dalam bidang bahasa dan sastra, terutama untuk pembuatan karya sastra, seperti puisi dan cerpen. Diksi menjadi salah satu unsur intrinsik di dalam penulisan puisi. Dengan pemilihan diksi yang tepat akan membuat pembaca lebih bisa memahami makna dan tujuan penulis dalam menyampaikan gagasannya melalui karya sastra. Demikian vital manfaat diksi membuat banyak para pakar mempelajari dan meneliti lebih lanjut mengenai diksi. Pengertian diksi menurut para ahli juga semakin berkembang dan tak hanya mencakup dunia sastra saja. Bahkan dalam percakapan sehari-hari pemakaian diksi juga perlu diperhatikan, bisa disesuaikan dengan tempat, momen, lawan bicara, dan faktor-faktor lainnya.

                Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), diksi adalah pilihan kata yang tepat dan selaras dalam penggunaannya untuk mengungkapkan ide atau gagasan sehingga diperoleh efek-efek tertentu seperti yang diharapkan. Diksi juga meliputi pemakaian gaya bahasa dalam sebuah karangan atau percakapan. Gaya bahasa merupakan salah satu bagian dari diksi yang berhubungan dengan ungkapan-ungkapan sehingga sebuah karya atau pembicaraan memiliki nilai estetik yang lebih tinggi. Seperti kita ketahui bahwa dalam karya sastra puisi, cerpen, dan jenis lainnya penggunaan ungkapan membuat karya tersebut lebih bernilai dan enak untuk dibaca. penggunaan ungkapan juga membuat sebuah karya menjadi tidak monoton dan terkesan hambar.

1

                Pengertian diksi menurut para ahli diungkapkan oleh salah satu ahli bahasa dan sastra terkenal dunia, Gorys Keraf. Menurutnya, diksi dan gaya bahasa dituliskan dalam beberapa poin yang penting, yakni (1) diksi mencakup pengertian kata-kata mana yang harus dipakai untuk mencapai suatu gagasan, cara membentuk kelompok kata yang tepat atau penggunaan ungkapan, dan gaya bahasa yang baik dipakai dalam situasi tertentu. (2) Diksi adalah kemampuan dalam membedakan nuansa makna gagasan yang ingin disampaikan sekaligus kemampuan untuk menemukan bentuk kata yang sesuai dengan situasi sehingga memiliki nilai rasa yang tinggi. (3) Diksi yang tepat dan sesuai mungkin hanya bisa digunakan oleh orang yang memiliki perbendaharaan kata luas.

                Pemilihan kata atau diksi yang tepat akan sangat banyak membantu seseorang dalam menuangkan idenya, baik dalam bentuk tulisan maupun percakapan. Hal tersebut karena diksi memiliki fungsi-fungs yang sangat berpengaruh dalam bahasa. Fungsi-fungsi yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  • Diksi membuat pembaca atau pendengar bisa memahami dan mengurangi kesalahpahaman pada gagasan yang disampaikan oleh pembicara atau penulis.
  • Agar bisa menjalin komunikasi yang efektif.
  • Membantu seseorang untuk mengungkapkan gagasan secara verbal.
  • Dapat membentuk pengekspresian gagasan dengan tepat dan sesuai dengan konteks yang diinginkan (resmi, semi resmi, atau tidak resmi).

                Di dalam pengertian diksi menurut para ahli yang diungkapkan oleh Gorys Keraf di atas, ada salah satu komponen dalam penggunaan diksi yang penting, yakni kesesuaian diksi. Yang dimaksud dengan kesesuaian diksi adalah cara penulis atau pembicara memilih kata-kata yang tepat sesuai dengan situasi dan kondisi dimana dia berbicara, dengan siapa, dan pada saat apa dia berbicara. Kesesuaian diksi akan membuat penulis atau pembicara bisa mengungkapkan ide atau gagasan dengan cara yang tepat dan sesuai dengan lingkungan tempat menyampaikannya.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian deposito , pengertian diksi , pengertian sabar , pengertian desentralisasi , pengertian karbohidrat , pengertian sikap , pengertian identitas nasional , pengertian printer , pengertian perilaku , pengertian kebijakan publik , pengertian tabungan

Related Posts