Pengertian Obligasi Menurut para Ahli

 Pengetahuan

                Dalam bidang ekonomi, khususnya bila kita membahas mengena bursa efek, kita akan sering mendengar kata obligasi yang biasanya disandingkan dengan kata saham. Sebenarnya apa pengertian obligasi? Apa pula pengertian obligasi menurut para ahli? Obligasi adalah surat tanda bukti utang yang dikeluarkan oleh perusahaan kepada pemegangnya dengan imbalan bunga sejumlah tertentu. Obligasi bisa juga dimaknai suatu istilah yang digunakan dalam dunia keuangan sebagai pernyataan utang dari penerbit obligasi kepada pemegang obligasi beserta janji untuk membayar kembali pokok utang beserta kupon bunganya kelak pada saat tanggal jatuh tempo pembayaran. Perusahaan yang menerbitkan obligasi mempunyai kewajiban untuk membayar bunga secara regular sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan serta pokok pinjaman pada saat jatuh tempo.

                Pada beberapa negara, istilah “obligasi” dan “surat utang” digunakan tergantung jangka waktu jatuh temponya. Pelaku pasar biasanya menggunakan istilah obligasi untuk penerbitan surat utang dalam jumlah besar yang ditawarkan secara luas kepada publik, sedangkan istilah “surat utang” digunakan bagi penerbitan surat utang dalam skala kecil yang biasanya ditawarkan kepada sejmlah kecil investor. Obligasi memiliki risiko yang tertinggi dibandingkan dengan “surat utang” yang memiliki risiko sedang.

8

                Penjelasan di atas adalah pengertian obligasi secara umum. Berikut ini adalah beberapa pengertian obligasi menurut para ahli yang bisa dijadikan bahan tambahan pertimbangan untuk memahami makna sebenarnya dari obligasi.

  • Menurut Drs. Bambang Riyanto, obligasi adalah seuatu pengakuan hutang yang dikeluarkan oleh pemerintah atau perusahaan atau lembaga-lembaga lain sebagai pihak yang berhutang yang mempunyai nilai nominal tertentu dan kesanggupan untuk membayar bunga secara periodic atas dasar persentase tertentu yang tetap.
  • Menurut Buku Pengantar Ekonomi Perusahaan, obligasi adalah surat tanda hutang yang dikeluarkan umumnya oleh perseroan terbatas dan mendapat bunga setiap tahun sekalipun suatu perseroan tidak mendapatkan laba dalam tahun tertentu, namun perusahaan harus membayar bunga bagi para pemegang obligasi.
  • Menurut Brigham dan Houston, obligasi adalah suatu instrument uang jangka panjang atau disebut juga kontrak jangka panjang di mana peminjam dana setuju untuk membayar bunga dan pokok pinjaman, pada tanggal tertentu, kepada pemegang obligasi tersebut.

                Setelah menyimak pengertian obligasi menurut para ahli, berikutnya mengenai jenisnya. Obligasi memiliki banyak jenis dan setiap jenis memiliki ciri khusus. Jenis-jenis obligasi tersebut adalah.

  • Obligasi dijamin dan obligasi tidak dijamin. Obligasi dijamin adalah obligasi hipotik, yakni obligasi yang penerbitannya dijamin dengan suatu jaminan tertentu, sedangkan obligasi tidak dijamin adalah obligasi yang penerbitannya tidak dijamin.
  • Obligasi berjangka, obligasi serial, dan obligasi dapat ditebus. Obligasi berjangka adalah obligasi yang memiliki jatuh tempo dalam satu tanggal. Obligasi serial adalah obligasi yang jatuh temponya secara berangsur. Sedangkan obligasi dapat ditebus adalah obligasi yang memberi hak kepada penerbit untuk menebus dan menarik obligasi sebelum jatuh tempo.
  • Obligasi konvertibel adalah obligasi yang dapat dikonversi dengan surat berharga lain pada suatu waktu setelah penerbitannya.
  • Obligasi terdaftar dan obligasi atas unjuk. Obligasi terdaftar adalah obligasi yang diterbitkan atas nama pemilik. Sedangkan obligasi atas unjuk adalah obligasi yang tidak tercantum nama pemiliknya dan dapat ditransfer dari satu pemilik dengan melalui penyerahan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian server , pengertian pergaulan bebas , pengertian hiv aids , pengertian virus , pengertian poster , pengertian media pembelajaran , pengertian karya ilmiah , pengertian e-mail , pengertian obligasi , pengertian haji , pengertian url

Related Posts