Pengertian Kreatif Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Sebagai makhluk yang dibekali dengan akal dan pikiran, setiap manusia memiliki sifat kreatif yang ada di dalam dirinya. Sifat tersebut biasa disebut pula dengan kreativitas. Kreatif dan kreativitas merupakan dua hal yang konsep dan hakikatnya sama serta saling berkaitan. Dalam segi bahasa, kreatif merupakan sebuah kata dasar yang termasuk dalam kata sifat. Bila kata tersebut mendapat imbuhan      -itas, menjadi kreativitas, bentukan katanya berubah menjadi kata benda. Dengan maksud bahwa kreativitas terbentuk dari sifat manusia yang memiliki daya kreatif. Penjabaran mengenai sifat kreatif manusia juga bisa ditemukan dalam pengertian kreatif menurut para ahli yang sangat beragam karena cakupannya yang begitu luas.

Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kreatif adalah suatu kemampuan untuk menciptakan atau sebuah proses timbulnya ide baru. Lebih jauh, kreatif bisa diartikan sebagai suatu proses menciptakan sesuatu yang baru dan belum ada, mempunyai ciri-ciri kebaruan dan keunikan karena menghasilkan sesuatu yang berbeda dari sebelumnya meski unsur-unsur dasarnya telah ada. Kreatif merupakan potensi yang sudah ada di dalam setiap individu yang mencakup ide atau gagasan yang dikembangkan sehingga mampu menciptakan sesuatu yang baru dan bermanfaat. Sifat kreatif ini bisa muncul dengan adanya dorongan dan motivasi yang kuat dari dalam diri untuk berproduksi dan berkarya.

3

Selain pengertian di atas, berikut ini ada beberapa pengertian kreatif menurut para ahli.

  • Menurut Harris, kreatif adalah kemampuan, sikap, dan proses menghasilkan ide-ide baru dengan mengombinasikan, mengubah, atau menerapkan kembali ide-ide yang telah ada.
  • Menurut Asep, kreatif adalah kemampuan seseorang untuk berpikir mencapai produk yang beragam dan baru, baik dalam bidang keilmuan, seni, sastra, dan bidang lainnya, dimana produknya bisa diterima dan disukai oleh masyarakat sebagai sesuatu yang berguna.
  • Menurut Deporter, orang yang kreatif selalu menggunakan pengetahuan yang dimilikinya dan membuat lompatan untuk memungkinkan mereka memandang segala sesuatu dengan cara yang baru. Mereka juga selalu memiliki rasa ingin tahu, ingin mencoba, berpetualang, suka bermain, dan semua orang berpotensi menjadi kreatif.
  • Menurut  Santrock, kreativitas adalah suatu kemampuan untuk memikirkan sesuatu dengan cara baru dan tidak biasanya serta untuk mendapatkan solusi-solusi yang unik.
  • Menurut  Widayatun, kreativitas adalah suatu kemampuan untuk memecahkan masalah dan usaha seseorang dalam menciptakan ide-ide asli atau adaptif fungsi kegunaannya secara penuh untuk berkembang.
  • Menurut  Munandar, kreativitas adalah suatu kemampuan untuk mengombinasikan, memecahkan, atau menjawab masalah dan merupakan cerminan kemampuan operasional anak kreatif.
  • Menurut Semiawan, kreativitas adalah suatu kemampuan untuk memberikan gagasan baru dan menerapkannya dalam pemecahan masalah.
  • Menurut  James R. Evans, kreativitas adalah keterampilan dalam menentukan pertalian baru, melihat subjek perspektif baru, dan membentuk kombinasi-kombinasi baru dari dua atau lebih konsep yang telah tercetak dalam pikiran.

Berdasarkan pengertian kreatif menurut para ahli di atas, kita bisa mengetahui bahwa sebenarnya setiap individu memiliki sisi kreatif di dalam dirinya. Semuanya tergantung pada pribadi masing-masing apakah mau memunculkan dan memanfaatkan kreativitas tersebut untuk menghasilkan hal-hal yang berguna bagi dirinya dan masyarakat. Anugerah tersebut telah diberikan kepada kita sejak lahir dan bisa terus dijaga serta dikembangkan untuk menjadi potensi yang lebih baik lagi.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian daftar pustaka , pengertian animasi , pengertian switch , pengertian kreatif , pengertian harga , pengertian hosting , pengertian reksadana , pengertian processor , pengertian windows , pengertian jasa

Related Posts