Pengertian Harga Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Dalam hidup ini selalu ada harga yang harus dibayar. Ungkapan itu pasti sering kita dengarkan dan diucapkan dalam berbagai kesempatan. Kebenaran ungkapan tersebut memang telah cukup terbukti dalam kehidupan kita sehari-hari bahwa selalu ada harga atau biaya yang harus dikeluarkan unutk melakukan segala aktivitas. Namun, yang perlu ditekankan adalah sudah pahamkah kita dengan makna dan konsep mengenai harga? Harga memang selalu diidentikkan dengan biaya dan uang. Benarkah sesempit itu makna harga? Kita bisa mempelajari dan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dari berbagai sumber, salah satunya dari pengertian harga menurut para ahli yang akan diulas dalam pembahasan kali ini. Istilah harga yang bisa didefinisikan dari berbagai macam sudut pandang akan membuat wawasan kita semakin luas bila mempelajarinya.

Harga merupakan komponen penting atas suatu produk yang akan dijual karena berpengaruh pada keuntungan produsen. Harga juga bisa menjadi salah satu bahan pertimbangan bagi konsumen untuk membeli atau tidak sebuah produk. Konsumen akan membandingkan harga dengan kualitas, kuantitas, dan merek produk tersebut. Dalam KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), harga adalah nilai suatu barang yang ditentukan dengan uang; jumlah uang atau alat tukar lainnya yang senilai dan harus dibayarkan untuk produk atau jasa pada waktu tertentu dan di pasar tertentu; kehormatan (bila dikaitkan dengan kata diri).

44

Selain pengertian menurut kamus di atas, ada pula pengertian harga menurut para ahli. Berikut adalah definisi-definisi harga yang dikemukakan oleh para pakar.

  • Menurut Marius, harga adalah jumlah uang yang harus konsumen keluarkan atau bayarkan untuk memperoleh suatu produk. Harga juga merupakan suatu variabel dari program bauran pemasaran yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen.
  • Menurut Kotler, harga adalah sejumlah uang yang dibebankan pada produk atau jasa, sejumlah nilai yang ditukar konsumen atas manfaat-manfaat karena mempunyai atau menggunakan produk atau jasa tersebut.
  • Menurut Tjiptono, harga adalah satuan moneter atau ukuran barang atau jasa yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan barang atau jasa tersebut. Harga menjadi komponen penting yang berpengaruh langsung pada keuntungan perusahaan.
  • Menurut Andrian Payne, harga adalah sesuatu yang dibuat dengan menambah persentasi mark-up pada biaya atas manfaat-manfaat dalam memakai atau menggunakan suatu jasa dan produk.
  • Menurut Harini, harga adalah uang yang dibtuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari produk dan pelayanannya.

Pengertian harga menurut para ahli di atas memberikan wawasan mengenai penetapan harga suatu barang atau jasa. Produsen menetapkan sebuah harga pada produknya tidak sewenang-wenangnya. Ada banyak hal yang perlu untuk dipertimbangkan sebelum harga tersebut disebarluaskan ke pasaran dan diketahui oleh konsumen. Penentuan harga yang terlalu mahal atau murah akan menimbulkan dampak-dampak yang bisa merugikan kedua belah pihak, baik produsen maupun konsumen. Menurut Machfoedz, ada dasar dalam penetapan harga. Dasar tersebut dipengaruhi oleh dua faktor, yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berupa tujuan pemasaran perusahaan, strategi bauran pemasaran, biaya, dan metode penetapan harga. Sedangkan faktor eksternal berupa sifat pasar, permintaan, persaingan, dan elemen lingkungan lainnya. Kedua faktor tersebut perlu dipikirkan dan dipertimbangkan secara matang dan membutuhkan kesepakatan dari semua unsur di perusahaan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian daftar pustaka , pengertian animasi , pengertian switch , pengertian kreatif , pengertian harga , pengertian hosting , pengertian reksadana , pengertian processor , pengertian windows , pengertian jasa

Related Posts