Pengertian Kartu Kredit Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Sebagai manusia modern yang dituntut untuk selalu maju di bidang apapun, keberadaan dan penggunaan kartu kredit pasti sudah bukan hal tabu lagi bagi masyarakat. Perkembangan dunia perekonomian, perdagangan, bisnis, dan perbankan saling bekerja sama memberikan peran dalam penerbitan dan penggunaan kartu kredit. Banyaknya pengguna dan peminat kartu kredit membuat popularitas salah satu alat transaksi selain uang ini meningkat cukup pesat. Hal ini membuat bayak para pakar ekonomi dan perbankan tertarik untuk terus mengembangkan segala hal yang berhubungan dengan kartu kredit, termasuk pengertian kartu kredit menurut para ahli yang semakin waktu semakin ikut menjamur.

Sampai sejauh ini memang belum ada pengertian yang disepakati oleh para ahli untuk mengartikan kartu kredit, tetapi masih bisa diartikan secara umum dan sederhana. Kartu kredit disebut sebagai suatu alat pembayaran non uang tunai yang diterbitkan oleh suatu bank dengan tujuan untuk memudahkan nasabahnya dalam bertransaksi. Kartu kredit juga dianggap sebagai suatu apresiasi yang diberikan bagi nasabah dengan berbagai penawaran istimewa di dalamnya. Sebagai salah satu alat transaksi pengganti uang, karti kredit tidak bisa digunakan di sembarang tempat. Fasilitas ini hanya bisa digunakan di tempat-tempat yang menyediakan layanan khusus pembayaran dengan kartu kredit. Meski begitu tak menyurutkan minat masyarakat terhadap fenomena kartu kredit. Melihat peluang ini, pihak perbankan semakin berlomba-lomba untuk menawarkan promo-promo khusus yang menggiurkan untuk kartu kredit produksinya.

6

Beberapa ahli mencoba menguraikan definisi dari kartu kredit. Berikut ini adalah pengertian kartu kredit menurut para ahli.

  • Menurut Peraturan Bank Indonesia Nomor 7/52/PBI/2005 tentang Penyelenggaraan Kegiatan Alat Pembayaran dengan Menggunakan Kartu, kartu kredit adalah alat pembayaran yang dapat digunakan untuk melalukan pembayaran atas kewajiban dari kegiatan ekonomi, termasuk transaksi belanja da atau tarik tunai, dimana kewajiban pembayaran pemegang katu dipenuhi terlebih dahulu oleh penerbit dan pemegang kartu berkewajiban melunasi pembayaran tersebut pada waktu yang telah disepakati, baik secara kontan maupun angsuran.
  • Menurut Prayogo S. dan Djoko Prakoso, kartu kredit adalah suatu jenis alat pembayaran pengganti uang tunai yang sewaktu-waktu bisa digunakan untuk menukarkan apa saja yang diinginkan di tempat-tempat yang menerimanya, baik di bank, perusahaan, atau cabang-cabang yang mengeluarkannya.
  • Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), kartu kredit adalah kartu kecil yang dikeluarkan oleh bank yang menjamin pemegangnya untuk dapat berbelanja tanpa membayar secara kontan dan akan diperhtungkan dalam rekening pemilik kartu kredit tersebut.
  • Menurut Munir Fuady, kartu kredit adalah suatu kartu yang terbuat dari plastik dengan identitas pemegang dan penerbit yang memberikan hak sebaga tanda pelunasan pembayaran harga dari barang atau jasa yang dibeli di tempat-tempat tertentu.
  • Menurut O.P. Simorangkir, kartu kredit adalah pengganti uang tunai atau cek.

Berdasar pada pengertian kartu kredit menurut para ahli di atas dapat diketahui bahwa kartu kredit memiliki jenis yang beraneka ragam. Jenis-jenis kartu kredit tersebut bisa dilihat dari fungsi, bentuk, dan wilayah penggunaannya. Berdasarkan fungsinya dibagi menjadi credit card, change credit, debit card, cash card, dan check guarantee card. Berdasarkan bentuknya dibagi menjadi kartu kredit silver, kartu kredit gold, dan kartu kredit platinum. Sedangkan berdasarkan wilayah penggunaannya bisa dibagi menjadi kartu kredit nasional dan kartu kredit internasional (visa, master card, dinners club, carte blanc, dan American express).

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian e-learning , pengertian mineral , pengertian tabel , pengertian cuaca , pengertian hyperlink , pengertian pengaruh , pengertian kartu kredit , pengertian jujur , pengertian transistor , pengertian pertanian , pengertian daftar pustaka

Related Posts