Pengertian Pertanian Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Selain mendapat julukan sebagai negara maritim karena sebagian besar wilayahnya berupa perairan, Indonesia juga terkenal disebut sebagai negara agraris dengan sebagian besar penduduknya bermatapencaharian sebagai petani. Berbagai macam jenis pertanian tersedia di tanah air Indonesia. Hal ini karena Indonesia memiliki struktur tanah, cuaca, dan iklim yang sangat bagus dan cocok untuk daerah pertanian. Apalagi dengan banyaknya gunung berapi membuat tanah di Indonesia subur. Tak sedikit usaha pemerintah untuk terus mengembangkan potensi bangsa di sektor pertanian, termasuk dengan bantuan para ahli pertanian. Semakin pesatnya ilmu pertanian di Indonesia membuat pengertian pertanian menurut para ahli juga ikut berkembang. Dari perkembangan tersebut muncullan banyak varian baru hingga mem9anfaatkan lahan yang ada dengan maksimal, tentunya beranjak dari penelitian yang telah dilakukan oleh para ahli tersebut.

Sebelum memulai pengertian pertanian menurut para ahli, kita bahas dulu asal istilahnya. Pertanian merupakan sebuah istilah yang berasal dari kata ager dan cultura. Ager bermakna tanah, ladang, atau lapangan. Cultura adalah mengamati, memelihara, atau membajak. Jadi, pertanian bisa diartika secara istilah sebagai sebuah cara untuk mengamati, memelihara, atau membajak tanah, ladang, atau lapangan agar memberikan manfaat. Dari konsep mengenai pertanian tersebut lalu lahirlah yang disebut ilmu pertanian, yakni sebuah ilmu yang berhubungan dengan cara bercocok tanam dan berbagai kegiatan di sektor pertanian.

Untuk menegaskan pengertian pertanian secara istilah di atas, berikut ini ada beberapa pengertian pertanian menurut para ahli. Definisi-definisi tersebut bisa memberikan cakupan yang lebih luas karena dipaparkan oleh para pakar yang telah mumpuni di bidangnya.

  • Menurut A. T. Mosher, pertanian adalah sejenis proses produksi yang didasarkan pada proses pertumbuhan tanaman dan hewan.
  • Menurut Sri Sulestari, pertanian adalah suatu jenis usaha yang menekankan pada kegiatan pengolahan tanah, tanaman yang ditanam berupa tanaman pangan.
  • Menurut Indianto Mu’in, pertanian adalah suatu kegiatan ekonomi utama penduduk di Indonesia karena lebih dari 80% penduduknya bekerja pada sektor pertanian.
  • Menurut Karwan A. Salikin, pertanian adalah bagian agroekosistem yang tidak dapat dipisahkan dengan subsistem kesehatan dan lingkungan alam, manusia, dan budaya yang saling berkaitan dalam suatu proses produksi untuk kelangsungan hidup bersama.
  • Menurut David Ray Griffin, pertanian adalah sebuah masalah yang paling disalahpahami, rumit, terabaikan, dan tidak diinginkan.
  • Menurut World Bank, pertanian adalah sektor pemakai air terbanyak yang memiliki andil terjadinya kelangkaan air. Pertanian juga merupakan salah satu pelaku utama dalam pengurasan air tanah, polusi agrokimia, keletihan tanah, dan perubahan iklim global, serta penyumbang hingga 30% emisi gas rumah kaca.
  • Menurut Minderhoko, pertanian adalah penggunaan tenaga manusia terhadap alam dengan tujuan mengarahkan perkembangan tumbuhan dan hewan agar berguna bagi manusia dalam memenuhi kebutuhan hidupnya.
  • Menurut Y.W. Wartaya Winangun, pertanian adalah suatu hal yang substansial dalam pembangunan, yakni berperan sebagai pemenuhan kebutuhan pangan, penyedia bahan mentah untuk industri, penyedia lapangan kerja, dan penyumbang devisa negara.
  • Menurut Saat Sulaiman, pertanian adalah bidang yang penting dan mampu memberi peluang kepada peniaga.
  • Menurut Dwi Haryanti, pertanian adalah usaha manusia dalam bercocok tanam di sebuah lahan kosong.
  • Menurut Kaslan Tohir, pertanian adalah suatu cabang produksi yang menjelaskan mengenai perubahan bahan-bahan anorganik menjadi bahan organik dengan bantuan tumbuhan dan hewan.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian e-learning , pengertian mineral , pengertian tabel , pengertian cuaca , pengertian hyperlink , pengertian pengaruh , pengertian kartu kredit , pengertian jujur , pengertian transistor , pengertian pertanian , pengertian daftar pustaka

Related Posts