Pengertian Switch Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Istilah switch bukanlah istilah umum yang sering didengar oleh orang awam. Bagi Anda yang berkecimpung atau mempelajari mengenai teknologi jaringan dan internet pastinya sudah akrab dengan istilah yang satu ini. Ya, switch adalah salah satu istilah yang dipakai dalam ilmu jaringan dan internet. Pengertian switch menurut para ahli juga banyak disampaikan oleh para pakar teknologi jaringan internet yang telah mumpuni di bidangnya. Switch merupakan suatu perangkat yang tugasnya menghubungkan dua komputer atau lebih dalam sebuah segmen jaringan yang umumnya berupa LAN. Switch juga disebut sebagai titik percabangan dari proses transfer data yang akan mengganggu data bila switch mengalami gangguan.

Dari pengertian di atas, lalu muncullah istilah jaringan switch atau hub switch. Hub switch adalah suatu perangkat jaringan komputer yang menghubungnan segmen jaringan atau perangkat jaringan satu dengan yang lainnya. switch mempunyai banyak port yang akan menghubungkan ke jaringan komputer dan port-ort tersebut akan berhubungan dengan konektor. Switch mempunyai cara kerja yang hampir sama dengan bridge, tetapi switch memiliki banyak port sehingga disebut juga dengan multi-port bridge. Secara teknis, perangkat switch ini terdapat pada layer 2 OSI Model, yakni data link layer.

2

Secara garis besar, fungsi dai switch adalah untuk mentransmisikan data pada suatu jaringan. Switch berperan sebagai sentra atau konsentrator pada sebuah network atau jaringan. Switch memainkan peranan integral dalam kebanyak jaringan area lokal yang modern karena mampu mengecek frame yang eror dan langsung memblokirnya. Pengertian switch menurut para ahli juga menegaskan bahwa switch merupakan sebuah perangkat telekomunikasi yang menerima dan mengirimkan pesan dari dan ke perangkat lain yang dimaksudkan pada sebuah network. Pada skala yang kecil, misal rumah atau kantor kecil, aplikasi yang digunakan biasanya adalah switch tunggal atau semua tujuan perangkat konvergensi untuk mengakses layanan broadband seperti DSL atau internet kabel.

Switch memiliki tiga fungsi yang dilihat secara teknis, yakni pembelajaran, forwarding, dan mencegah looping pada layer 2. Fungsi pembelajaran adalah cara switch mendaoatkan MAC address dari perangkat yang terkoneksi padanya. Saat paket frame sampai pada switch, lalu ia akan mempelajarinya dan memastikan alamat tujuan yang menerima paket itu. Fungsi forwarding adalah proses mengirimkan paket dari satu port ke port lainnya pada perangkat yang terhubung dengan switch. Switch juga membaca alamat MAC tujuan sebagai bagian dari fungsi forwarding. Fungsi mencegah looping adalah keberadaan switch untuk mencegah terjadinya koneksi gagal yang membuat semua proses pada jaringan menjadi terganggu saat pengiriman data atau paket.

Pada pengertian switch menurut para ahli tersirat beberapa jenis switch, yakni cut through atau fast forward, store and forward, fragment free atau modified cut through, dan adaptive switching. Cut through atau fast forward adalah jenis switch yang paling cepat dan berfungsi untuk mengecek alamat tujuan. Store and forward adalah jenis switch yang paling bisa dipercaya dan bertugas untuk menyimpan semua frame untuk sementara sebelum diteruskan ke host tujuan. Fragment free atau modified cut through adalah jenis switch dengan performance ckup baik dan bisa diandalkan. Adaptive switching adalah jenis switch yang dirancang untuk beroperasi pada cut through mode normal.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian daftar pustaka , pengertian animasi , pengertian switch , pengertian kreatif , pengertian harga , pengertian hosting , pengertian reksadana , pengertian processor , pengertian windows , pengertian jasa

Related Posts