Pengertian Film Menurut Para Ahli adalah

 Pengetahuan

Pengertian Film Menurut Para Ahli adalah – Film sebagai salah satu sarana hiburan favorit masyarakat memang selalu menarik untuk ditelaah. Banyak hal yang bisa dipelajari dari film, termasuk pengertian film menurut para ahli. Enikmati dunia film tidak hanya bisa dilakukan dengan menontonnya saja, bagi sebagian orang membuat dan memproduksi sebuah film merupakan kenikmatan dan kesenangan tersendiri yang tidak bisa didapat dari seni lainnya. Ada banyak hal yang membuat film begitu menarik untuk dipelajari dan dikaji lebih lanjut. Tak sedikit instansi pendidikan mulai dari Sekolah Menengah Kejuruan/sederajat hingga perguruan tinggi membuka jurusan-jurusan yang khusus berhubungan dengan dunis perfilman.

Film adalah sebuah potret cerita kehidupan yang digambarkan oleh sebuah objek yang dimainkan di bisokop atau televisi. Film juga bisa disebut sebagai sebuah karya cipta seni dan budaya yang merupakan salah satu media komunikasi massa audiovisual yang  diciptakan berdasarkan asas sinematografi yang direkam pada pita seluloid, pita video, piringan video, atau bahan teknologi lainnya. Film memiliki berbagai macam bentuk, jenis, dan ukuran yang melalui proses kimiawi, elektronik, atau proses lainnya. Film bisa diproduksi dengan atau tanpa menggunakan suara yang ditayangkan dengan sistem proyeksi mekanik, elektronik, dan lainnya. Awalnya film memang dibuat dalam bentuk pita film, tetapi seiring berkembangnya waktu era film digital pun mulai bermunculan menggeser bentuk pita.

1

Selain pengertian film secara umum di atas, berikut ini ada beberapa pengertian film enurut para ahli yang bisa menegaskan definisi di atas. Definisi-definisi tersebut adalah sebagai berikut.

  • Menurut UU Nomor 33 Tahun 2009 Tentang Perfilman, film adalah sebuah karya seni budaya yang merupakan suatu pranata sosial dan media komunikasi massa yang dibuat berdasar atas kaidah sinematografi dengan atau tanpa suara dan dapat dipertunjukkan.
  • Menurut Wibowo, film adalah suatu alat untuk menyampaikan berbagai pesan kepada khalayak umum melalui media cerita. Film juga diartikan sebagai media ekspresi artistik bagi para seniman dan insan perfilman untuk mengungkapkan gagasan dan ide cerita yang dimilikinya.
  • Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), film adalah sebuah selaput tipis berbahan seluloid yang dipakai untuk menyimpan gambar negatif dari sebuah objek gambar.
  • Menurut Effendy, film adalah gambaran teaterikal yang diproduksi secara khusus untuk dipertunjukkan atau dipertontonkan di gedung-gedung bioskop dan televisi, atau bisa berbentuk sinetron seri di televisi.

Sebagai salah satu karya seni dan budaya, film memiliki fungsi dan manfaat yang sangat beragam bagi kehidupan manusia. Apalagi di teknologi yang segalanya serba modern ini, film memegang peranan yang sangat penting. Beberapa fungsi film dalam kehidupan manusia adalah sebagai berikut.

  1. Sebagai sarana ekspresi dan pengembangan seni, budaya, pendidikan, dan hiburan.
  2. Sebagai bagian dari komoditas ekonomi karena saat ini film kebanyakan bersifat komersial.
  3. Sebagai sarana pemberdayaan masyarakat luas.
  4. Sebagai sarana untuk melestarikan kebudayaan bangsa.
  5. Sebagai sumber penerangan, informasi, dan komunikasi.

Membahas mengenai film beserta pengertian film menurut para ahli memang tidak pernah ada habisnya. Selalu ada yang baru dan menarik dari dunia perfilman dan semuanya bisa dipelajari dengan mudah karena banyaknya referensi yang beredar di pasaran. Sejauh ini perfilman Indonesia terus mengalami perkembangan dan telah banyak meraih penghargaan di kancah internasional. Semoga ke depannya perfilman Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi.

Related Posts