Pengertian Keyboard Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Bagi Anda yang telah terbiasa menggunakan teknologi komputer, pasti mengenal istilah keyboard. Mengetahui benda yang dibicarakan bukan berarti Anda memahami segala hal mengenai benda tersebut, bukan? Pengertian keyboard secara umum dan pengertian keyboard menurut para ahli perlu dipelajari. Tujuannya sederhana saja, agar kita tak hanya menggunakan sebuah benda, melainkan juga memahami arti, sejarah, fungsi, dan lain sebagainya. Menggunakan sebuah teknologi dengan memahaminya secara utuh akan membuat kita lebih terlatih dalam memanfaatkannya. Terlebih lagi bila kita bisa mengetahui cara merawatnya, semakin lengkap dan bijaksana.

                Pada dasarnya apa yang disebut dengan keyboard? Keyboard adalah perangkat keras atau hardware pada komputer yang berbentuk papan persegi panjang dengan berbagai macam tombol dan fungsi perintah yang selanjutnya dikirim ke perangkat CPU komputer. Keyboard terdiri dari banyak tombol ketik dengan sibol masing-masing. Keyboard telah mengalami banyak perkembangan mulai dari awal ditemukannya hingga keyboard yang biasa kita gunakan. Jenis keyboard yang banyak dipakai saat ini adalah jenis keyboard model Qwerty. Pada model ini susunan tiap-tiap tombolnya telah disesuaikan untuk kenyamanan mengetik dengan menggunakan 10 jari.

6

                Pengertian keyboard di atas memang bukanlah pengertian keyboard menurut para ahli, namun bisa kita jadikan bahan pembelajaran yang sangat berguna. Lebih lanjut lagi, keyboard memiliki bagian-bagian berupa papan ketik yang berfungsi sebagai konduktor untuk mengirimkan perintah dari atau menuju CPU, serta kabel data yang bisa berupa kabel USB maupun kabel standar untuk keyboard. Jika sebuah tombol pada keyboard ditekan, maka pegas yang ada di bawahnya akan menekan logam yang ada di bawahnya sehingga menyebabkan arus listrik bisa mengalir. Arus inilah yang diterima oleh chip pada keyboard yang disebut microprocessor. Sinyal listrik ini kemudian akan dilanjutkan ke RAM hingga PC bisa digunakan.

                Keyboard sendiri memiliki fungsi yang sangat penting dalam penggunaan komputer. Ia bertugas mengirimkan perintah dari tiap tombol yang ditekan untuk disampaikan ke CPU dan selanjutnya perintah manual tersebut akan diubah menjadi sinyal-sinyal digital sehingga dapat dimengerti dan diproses. Salah satu jenis keyboard yang sedang ramai diperbincangkan saat ini adalah keyboard virtual. Jenis keyboard ini bisa bekerja secara virtual bukan hanya sebagai keyboard, melainkan juga bisa sebagai mouse. Cara kerja keyboard ini menggunakan laser yang akan menampilkan bentuk keyboard sesuai dengan level permukaan yang dibiaskan. Semua prosesnya dilakukan melalui inframerah yang melewati penyaring infra menuju kamera pada PC.

                Selain pengertian keyboard menurut para ahli, kita juga perlu mengetahui cara memilih dan merawat keyboard. Usahakan memilih keyboard yang nyaman bagi Anda. Pengertian nyaman di sini bisa dilihat dari warna keyboard yang tidak terlalu mencolok, bisa lebih mengutamakan keyboard yang dilengkapi dengan sensor sidik jari, dan tentunya harga yang sesuai dengan kualitas keyboard. Pilihlah keyboard dengan port USB. Rawat dan bersihkan keyboar Anda secara rutin. Anda bisa menggunakan penutup keyboard transparan agar debu tak masuk ke sela-sela tombol dan Anda tetap bisa melihat tulisan pada tombol tersebut.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini :  pengertian sistem pemerintahan , pengertian ilmu pengetahuan , pengertian bioteknologi , pengertian tari , pengertian polusi , pengertian keyboard , pengertian pembangunan , pengertian persepsi , pengertian pariwisata , pengertian reformasi

Related Posts