Pengertian Pendapatan Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

Membahsa menganai pendapatan akan langsung berkaitan dengan perekonomian dan uang. Pengertian pendapatan menurut para ahli secara umum juga akan mengarah ke arah sana. Pendapatan merupaka tujuan utama suatu perusahaan atau usaha didirikan. Pendapatak juga menjadi hal yang paling mendasari seseorang melakukan suatu pekerjaan. Hal ini menandakan bahwa suatu usaha memang layak untuk diperjuangkan dan dipertahankan karena bisa menghasilkan pendapatan bagi kehidupan pekerjanya. Pendapatan juga bisa dijadikan bahan pertimbangan bagi suatu perusahaan, apakah usaha yang dijalankannya termasuk dalam skala untung atau rugi. Pendapatan dikatakan stabil bagi perekonomian seseorang apabila jumlahnya lebih besar dari pengeluaran harian orang tersebut.

2

Berbagai macam pengertian pendapatan disampaikan oleh banyak pakar. Berikut ini adalah pengertian-pengertian tersebut.

  • Menurut Wibowo & Abubakar, pendapatan adalah kenaikan harta perusahaan karena adanya transaksi dengan pihak ketiga.
  • Menurut Zaki Baridwan, pendapatan adalah kenaikan aktiva suatu badan usaha atau pelunasan utang selama suatu periode yang berasal dari penyerahan atau pembuatan barang, penyerahan jasa atau dari kerugian lain yang merupakan kegiatan utama suatu badan usaha.
  • Menurut Teguh Wahyono, pendapatan adalah penambahan modal yang digunakan dalam usaha.
  • Menurut Aliminsyah, pendapatan adalah arus kekayaan dalam bentuk tunai, piutang, atau aktiva lain yang masuk dalam perusahaan atau menurunnya kewajiban sebagai akibat dari penjualan barang atau jasa.
  • Menurut T. Wahyudi, pendapatan adalah penjumlahan dari masing-masing efek pada industri.
  • Menurut Albertus Ong, pendapatan adalah hasil dari aktivitas bisnis, seperti pendapatan sewa atau penjualan.
  • Menurut Niswonger, pendapatan adalah jumlah yang diminta kepada pelanggan atas barang atau jasa yang diberikan kepadanya.
  • Menurut Russel Swanburg, pendapatan adalah pemasukan dari penjualan produk dan pelayanan.
  • Menurut Keynes, pendapatan adalah determinan primer dari seberapa banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi.
  • Menurut Kuswandi, pendapatan adalah arus masuk bruto dari manfaat ekonomi yang timbul akibat aktivitas normal perusahaan selama satu periode yang mengakibatkan kenaikan modal dan tidak berasal dari kontribusi penanaman modal.
  • Menurut Himayati, pendapatan adalah peningkatan ekuitas pemilik yang didapat dari proses penjualan barang atau jasa kepada konsumen.

Berdasarkan pengertian pendapatan menurut para ahli di atas, secara umum pendapatan dapat diartikan sebagai suatu hal yang sangat penting bagi laporan keuangan suatu perusahaan karena bisa dijadikan tolok ukur keuntungan dan kerugian suatu usaha. Pendapatan juga digunakan sebagai pertimbangan dalam proses produksi selanjutnya karena berkenaan dengan modal. Namun, ada permasalahn dalam bidang akuntansi yang berkaitan dengan pendapatan, yakni saat menentukan pengakuan pendapatan karena harus disampaikan secara benar dan apa adanya. Masalah kembali timbul saat pendapatan lebih kecil dari modal yang telah dikeluarkan.

Dalam pengertian pendapatan menurut para ahli di atas juga bisa dikaji mengenai jenis-jenis pendapatan. Jenis pendapatan yang dimaksud adalah pendapatan bersih, pendapatan di muka, pendapatan lain-lain, pendapatan permanen, pendapatan uang, pendapatan usaha, dan pendapatan yang terus diterima. Jenis-jenis pendapatan tersebut merupakan keuntungan dalam suatu usaha yang didapat oleh perusahaan atau perseorangan. Pendapatannya berdasar pada jenis dan jumlah atau nominal uangnya.

Related Posts