Manfaat Kangkung bagi Kesehatan

 Kesehatan

Sayur kangkung merupakan salah satu sayuran popular di Indonesia setelah sayur bayam. Kangkung banyak disukai karena rasanya yang nikmat, mudah diolah, dan kaya akan kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Kangkung mudah didapat dan dibudidayakan. Mulai dari masa tanam hingga masa panen hanya memerlukan waktu 4 – 5 minggu saja. Manfaat kangkung bagi kesehatan sudah tidak perlu diragukan lagi. Bagaimana tidak? Banyaknya kandungan nutrisi dan vitamin di dalamnya telah membuat kangkung menjadi sayuran yang kaya manfaat dan khasiat. Tidak hanya untuk kebugaran, melainkan juga bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai macam penyakit.

Kangkung termasuk dalam suku Convolvulaceae yang berasal dari India dan kemudian menyebar ke Indonesia, Malaysia, Cina, Afrika, dan Australia. Kangkung sangat bergizi dan baik bagi tubuh, kulit, dan otak. Di dalam kangkung terkandung banyak sekali nutrisi dan vitamin, seperti air, zat besi, vitamin C, vitamin A, protein, kalsium, fosfor, serat, hentriakontan, dan sitosterol. Ada dua jenis kangkung yang bisa dikonsumsi, yakni kangkung air dan kangkung darat. Kangkung air memiliki batang yang merambat dengan daun pendek dan tumpul, sedangkan kangkung darat memiliki batang yang tegak dengan daun agak memanjang dan runcing. Kangkung bisa diolah menjadi berbagai jenis masakan, seperti tumis kangkung, cah kangkung, lalapan, dan beragam masakan sayur lezat lainnya.

5

Beragam penelitian telah dilakukan untuk menguak kandungan gizi di dalam kangkung dan juga manfaat yang bisa didapat dari kandungan tersebut. Berikut ini adalah manfaat kangkung bagi kesehatan dan penyakit-penyakit yang bisa dicegah sekaligus disembuhkan dengan sayur kangkung.

  • Memperlancar pencernaan dan mengatasi sembelit atau susah buang air besar karena kandungan serat di dalam sayur kangkung.
  • Mengatasi insomnia atau sulit tidur karenan vitamin A, B, dan C serta berbagai mineral seperti kalsium, fosfor, seng, magnesium, karoten, dan zat besi yang ada di dalamnya mampu memberikan efek menenangkan saraf dan membuat kita mudah untuk beristirahat.
  • Menjaga kesehatan ginjal karena kangkung bersifat diuretic
  • Mencegah anemia atau kekurangan darah karena kandungan zat besi yang sangat tinggi pada kangkung.
  • Mengurangi kolesterol secara alami
  • Mencegah penyakit kencing manis atau diabetes mellitus
  • Menyehatkan mata karena kandungan vitamin A, karotenoid, dan lutein yang mampu meningkatkan glutathione yang berfungsi untuk mencegah katarak.
  • Meningkatkan sistem imun karena kandungan vitamin C alami yang lebih baik dibandingkan suplemen vitamin C
  • Mencegah penuaan dini dan menjaga kesehatan kulit karena kaya akan antioksidan kimia yang mampu mencegah kerusakan akibat radikal bebas.
  • Mengurangi nyeri saat masa menstruasi bagi wanita
  • Mengobati sakit kepala dan sakit gigi

Selain bermanfaat bagi kesehatan, kangkung juga bisa dipakai untuk menyembuhkan penyakit kulit dan mengatasi masalah rambut, misalnya saja mengobati kulit gatal karena eksim dan menghilangkan ketombe. Kedua manfaat ini jelas sekali kurang diketahui oleh masyarakat. Ini membuktikan bahwa manfaat kangkung bagi kesehatan tidak bisa dipandang sebelah mata. meski dikenal sebagai sayur yang murah dan pasaran, ternyata kangkung kaya akan gizi dan manfaat bagi tubuh kita.

Related Posts