Pengertian Agama Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Agama bisa dianggap sebagai pedoman bagi seluruh umat manusia. Sebagai makhluk yang diberi akal dan pikiran hendaknya kita mempercayai adanya Tuhan dan menganut agama yang diajarkannya. Sebenarnya apa agama itu? Bagaimana pengertian agama menurut para ahli? Istilah agama sebenarnya berasal dari bahasa Sansekerta yang bermakna tradisi atau “a” yang bermakna tidak dan “gama” bermakna kacau. Sehingga agama bisa diartikan sebagai tidak kacau. Selain itu, agama juga bisa diartikan sebagai suatu peraturan yang bertujuan untuk mencapai kehidupan manusia ke arah dan tujuan tertentu. Agama dilihat sebagai kepercayaan dan pola perilaku yang dimiliki oleh manusia untuk menangani masalah. Agama adalah suatu sistem yang dipadukan mengenai kepercayaan dan praktik suci. Agama adalah pegangan atau pedoman untuk mencapai hidup kekal. Agama adalah konsep hubungan dengan Tuhan.

6

                Sesungguhnya sangat tidak mudah untuk menguraikan pengertian dan definisi dari agama. Itu sebabnya pengertian agama menurut para ahli banyak mengalami perselisihan dan perbedaan. Dilihat dari sudut pandang kebudayaan, agama dapat berarti sebagai hasil dari suatu kebudayaan, dengan kata lain agama diciptakan oleh manusia dengan akal budinya serta dengan adanya kemajuan dan perkembangan budaya tersebut serta peradabanya. Bentuk penyembahan Tuhan terhadap umatnya seperti pujian, tarian, mantra, nyanyian dan yang lainya, itu termasuk unsur kebudayaan. Sedangkan kata lain untuk menyatakan konsep ini adalah religi yang berasal dari bahasa Latin religio dan berakar pada kata kerja re-ligare yang berarti “mengikat kembali”. Maksudnya dengan ber-religi, seseorang mengikat dirinya kepada Tuhan.

                Meskipun banyak perselisihan dan perbedaan pendapat, pengertian agama menurut para ahli tetap patut untuk kita pelajari. Hal tersebut bisa kita jadikan sebagai referensi dalam memahami konsep agama.

  • Menurut Anthony F.C. Wallace, agama sebagai seperangkat upacara yang diberi rasionalisasi lewat mitos dan menggerakkan kekuatan supernatural dengan maksud untuk mencapai terjadinya perubahan keadaan pada manusia dan semesta.
  • Menurut Sutan Takdir Alisyahbana, agama adalah suatu system kelakuan dan perhubungan manusia yang pokok pada perhubungan manusia dengan rahasia kekuasaan dan kegaiban yang tiada terhingga luasnya, dan dengan demikian memberi arti kepada hidupnya dan kepada alam semesta yang mengelilinginya.
  • Menurut Emile Durkheim, agama adalah suatu sistem yang terpadu yang terdiri atas kepercayaan dan praktik yang berhubungan dengan hal yang suci.
  • Menurut Sidi Gazalba, religi (agama) adalah kecendrungan rohani manusia, yang berhubungan dengan alam semesta, nilai yang meliputi segalanya, makna yang terakhir, hakekat dari semuanya itu.
  • Menurut Parsons & Bellah, agama adalah tingkat yang paling tinggi dan paling umum dari budaya manusia.
  • Menurut Harun Nasution, agama dilihat dari sudut muatan atau isi yang terkandung di dalamnya merupakan suatu kumpulan tentang tata cara mengabdi kepada Tuhan yang terhimpun dalam suatu kitab, selain itu beliau mengatakan bahwa agama merupakan suatu ikatan yang harus dipegang dan dipatuhi.
  • Menurut Luckmann, agama adalah kemampuan organisme manusia untuk mengangkat alam biologisnya melalui pembentukan alam-alam makna yang objektig, memiliki daya ikat moral dan serba meliputi.
  • Menurut Tajdab, agama merupakan suatu kepercayaan yang mendatangkan kehidupan yang teratur dan tidak kacau serta mendatangkan kesejahteraan dan keselamatan hidup manusia.
  • Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), agama adalah sistem yang mengatur tata keimanan atau kepercayaan dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha kuasa serta kaidah yang berhubungan dengan pergaulan manusia dan manusia lainnya.
  • Menurut A. M. Saefudin, agama merupakan kebutuhan manusia yang paling esensial yang besifat universal.

 Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian chatting , pengertian kebudayaan , pengertian artikel , pengertian ekosistem , pengertian pajak , pengertian kurikulum , pengertian agama , pengertian data , pengertian motivasi , pengertian konstitusi , pengertian inflasi

Related Posts