Pengertian Data Menurut Para Ahli

 Pengetahuan

                Pengertian data sangatlah luas karena segala hal yang bersifat informatif bisa disebut dengan data. Pengertian data menurut para ahli pun beragam jenisnya. Selain itu, bisa dilihat dari sudut pandang yang berveda-beda pula. Secara sederhana, data diartikan sebagai kumpulan informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan, dapat berupa angka, lambang, atau sifat. Data juga bisa disebut sebagai sesuatu yang diketahui dan dianggap. Maksud kata diketahui adalah sesuatu yang sudah terjadi dan merupakan sebuah fakta atau bukti. Sehingga bisa disimpulkan bahwa data adalah sesuatu yang wujudnya bisa berbentuk kondisi atau sebuah keadaan, gambar, suara, huruf, angka, bahasa, atau juga beberapa simbol-simbol yang bisa dijadikan guna melihat lingkungan, objek, kejadian, ataupun suatu konsep yang kemudian akan diolah hingga menjadi data yang benar-benar jadi.

7

                Data dapat memberikan gambaran tentang suatu keadaan atau persoalan. Data bisa juga didefinisikan sebagai sekumpulan informasi atau nilai yang diperoleh dari pengamatan (obsevasi) suatu objek. Data yang baik adalah data yang bisa dipercaya kebenarannya(reliable), tepat waktu dan mencakup ruang lingkup yang luas atau bisa memberikan gambaran tentang suatu masalah secara menyeluruh merupakan data relevan. Data memiliki dua jenis, yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif adalah data yang tidak berbentuk angka. Sedangkan data Kuantitaif adalah data yang berbentuk angka.

                Berikut ini adalah pengertian data menurut para ahli.

  • Menurut Wahyu Supriyanto dan Ahmad Muhsin, data adalah bahan baku dalam sebuah informasi, atau kelompok teratur simbol-simbol yang mewakili kuantitas, fakta, tindakan, benda, dan sebagainya.
  • Menurut Zulkifli A. M., data adalah keterangan atay bukti mengenai suatu kenyataan yang masih mentah, masih berdiri sendiri-sendiri, belum diorganisasikan, dan belum diolah.
  • Menurut Nuzulla Agustina, data adalah keterangan mengenai sesuatu hal yang sudah sering terjadi dan berupa himpunan fakta, angka, grafik, tabel, gambar, lambang, kata, huruf-huruf yang menyatakan sesuatu pemikiran, objek, serta kondisi dan situasi.
  • Menurut Slamet Riyadi, data adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari hasil suatu pengamatan di mana data dapat berupa angka atau lambang.
  • Menurut Kuswadi dan E. Mutiara, data adalah kumpulan informasi yang diperoleh dari suatu pengamatan, dapat berupa angka, lambang, atau sifat.
  • Menurut Lia Kuswayatno, data adalah kumpulan kejadian atau peristiwa yang terjadi di dunia nyata yang berupa angka-angka, huruf-huruf, simbol-simbol khusus, atau gabungan dari semuanya.
  • Menurut Anhar, data adalah kenyataan yang menggambarkan suatu kejadian dan merupakan kesatuan nyata yang nantinya akan digunakan sebagai bahan dasar suatu informasi.
  • Menurut Haer Talib, data adalah sekumpulan fakta dan sebuah fakta tak lain adalah sebuah kenyataan atau kejadian.
  • Menurut H. J. Sriyanto, data adalah suatu keterangan atau informasi tentang objek penelitian.

                Berdasarkan pengertian data menurut para ahli di atas, sebenarnya kita dituntut untuk mempelajari bahwa data memiliki banyak sekali jenis. Jenis data dilihat dari sumbernya, yakni data internal dan data eksternal. Jenis data dilihat dari cara memperolehnya, yakni data primer dan data sekunder. Jenis data dilihat dari waktu pengumpulannya, yakni data cross section dan data berkala. Kesemua jenis data tersebut memiliki pengertian dan ciri yang berbeda-beda.

Silahkan Baca juga artikel menarik berikut ini : pengertian chatting , pengertian kebudayaan , pengertian artikel , pengertian ekosistem , pengertian pajak , pengertian kurikulum , pengertian agama , pengertian data , pengertian motivasi , pengertian konstitusi , pengertian inflasi

Related Posts