Manfaat Buah Durian bagi Kesehatan

 Kesehatan

Siapa yang tidak kenal dengan buah durian? Buah yang banyak disukai karena rasanya yang manis, legit, dan nikmat ini memang sangat popular, meski ada juga yang tidak menyukainya karena aroma yang sangat menyengat. Buah durian merupakan salah satu buah musiman yang biasanya dijual dengan harga yang relatif mahal. Namun, harganya yang mahal akan sebanding dengan manfaat buah durian bagi kesehatan yang ada di dalamnya. Durian memang telah dikenal sebagai buah yang banyak mengandung manfaat bagi tubuh. Buah yang mendapat julukan King of Fruits ini memang patut untuk dikonsumsi asalkan tidak terlalu berlebihan karena segala sesuatu yang berlebihan jelas akan menimbulkan sesuatu yang malah tidak baik.

Pohon durian merupakan tanaman liar yang berasal dari hutan Sumatra, Kalimantan, dan Malaysia. Nama durian didapat karena buah ini memiliki duri yang sangat banyak dan rapat. Buah ini memiliki nama Latin Durio Zibenthinus Murr. Selain buahnya, ada bagian lain dari durian yang juga bisa bermanfaat yakni bagian kulit dan daunnya. Daging buah durian memiliki banyak khasiat karena mengandung banyak sekali senyawa di dalamnya, yakni karbohidrat, lemak tak jenuh, protein, serat, asam folat, magnesium, vitamin B1, B2, vitamin C, vitamin E, kalsium, potassium, zat besi, kalium, zinc, tembaga, karoten, thiamin, niacin, riboflavin, dan fosfor yang sangat tinggi. Bahkan, sebuah penelitian menyebutkan bahwa kandungan fosfor dan zat besi di dalam buah durian 10 kali lebih banyak dibandingkan yang ada di dalam buah pisang.

3

Selain rasa yang sangat nikmat dan aroma yang menggiurkan, durian juga diperkaya dengan manfaat yang sangat melimpah. Adapun manfaat buah durian bagi kesehatan adalah sebagai berikut.

  • Mengatasi sembelit karena tingginya kandungan serat sehingga juga mampu melancarkan sistem pencernaan.
  • Mencegah penuaan dini karena kdnungan vitamin C di dalam durian menjadi bahan utama pembuatan kolagen yang sangat baik menjaga keremajaan kulit. Selain itu, kolagen juga mampu menjaga kesehatan pembuluh darah, tulang tendon, dan ligament.
  • Mengatasi anemia atau kurang darah karena kandungan folat, tembaga, dan zat besi yang sangat penting dalam memproduksi darah di dalam tubuh.
  • Meningkatkan kemampuan otak karena kandungan asam folat di dalamnya.
  • Mencegah depresi karena kandungan vitamin B6 dapat membantu memproduksi hormon serotonin, yakni hormon yang sangat penting mencegah risiko stress dan depresi sehingga mampu membuat suasana hati menjadi lebih baik.
  • Sebagai obat tidur alami karena kandungan amino triptofan mampu meringankan kecemasan, insomnia, dan meningkatkan kadas serotonin pada otak.
  • Menstabilkan kadar gula dalam darah karena kandungan mangan yang sangat berperan dalam mengontrol kadar gula darah agar tetap normal.

Walaupun manfaat buah durian bagi kesehatan sangat beragam, ada satu hal juga yang perlu diperhatikan, yakni jangan mengonsumsi durian terlalu banyak. Anjuran yang baik, konsumsilah buah durian sekitar 100 – 200 gr sekali makan. Bila terlalu berlebihan akan berbahaya bagi tubuh, bahkan bisa menyebabkan kematian. Dilarang juga mengonsumsi durian bersamaan dengan meminum alkohol. Hal-hal tersebut harus diperhatikan agar kesehatan kita juga tetap terjaga.

Related Posts