Manfaat Buah Belimbing Wuluh bagi Kesehatan

 Kesehatan

Belimbing masih kerabat dengan belimbing buah, tetapi bentuknya sangat berbeda. Jika belimbing buah berbentuk seperti bintang, belimbing wuluh berbentuk lonjong dengan warna hijau segar. Belimbing wuluh jarang dikonsumsi secara langsung layaknya belimbing buah, melainkan diolah menjadi masakan, minuman, atau manisan. Hal tersebut karena rasa belimbing wuluh sangat asam. Manfaat buah belimbing wuluh bagi kesehatan tidak kalah dengan belimbing buah. Beragam khasiat dan manfaat tersimpan di dalam belimbing wuluh yang masih belum banyak diketahui orang. Tak hanya buahnya, banyak bagian dari belimbing wuluh yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan dan bahan alami pengobatan tradisional, yakni bagian batang, daun, dan bunganya.

Belimbing wuluh dikenal juga dengan nama belimbing sayur. Tanaman ini berasal dari Amerika tropis dan termasuk tanaman dengan batang keras. Belimbing wuluh memberikan banyak khasiat karena di dalamnya terkandung banyak senyawa yang sangat baik bagi tubuh. Senyawa yang dimaksud adalah saponin, tannin, glukosa, kalsium, vitamin C, dan masih banyak lagi senyawa lainnya. dengan berbagai kandungan tersebut, tidak mengherankan bila belimbing wuluh sangat baik dikonsumsi untuk mengobati berbagai macam penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga berat. Rasanya yang sangat asam membuat banyak orang enggan mengonsumsi belimbing wuluh secara langsung. Karena alasan itulah, belimbung wuluh biasa disajikan dengan dicampur bahan alami lain, bisa direbus, dujus, diperas, dan pengolahan lainnya.

4

Khasiat belimbing wuluh yang sangat banyak diketahui orang adalah untuk mengobati sariawan karena kandungan vitamin C yang tinggi, ditandai dengan rasanya yang sangat asam. Selain hal tersebut, masih banyak lagi manfaat buah belimbing wuluh bagi kesehatan yang bisa dikupas. Berikut ini adalah manfaat yang dimaksud.

  • Mengobati batuk dengan cara merebus buah, daun, dan bunga belimbing wuluh lalu diminum airnya.
  • Mengobati gusi berdarah dengan cara mengonsumsi buah belimbung wuluh segar atau manisan belimbing wuluh setiap hari.
  • Mengobati tekanan darah tinggi atau hipertensi dengan cara merebus buang belimbing wuluh dengan biji sari gading, lalu airnya diminum 1 gelas per hari.
  • Mengobati jerawat dengan cara menempelkan parutan belimbing wuluh yang diberi garam pada wajah yang berjerawat. Lakukan secara rutin 2 –3 kali sehari.
  • Mengobati kencing manis atau diabetes dengan cara merebus belimbing wuluh lalu disaring dan diminum 2 kali sehari.
  • Mengobati reumatik dengan cara menggosokkan daun belimbing wuluh pada bagian yang sakit.
  • Menyembuhkan penyakit kulit (panu) dengan cara melumatkan belimbing wuluh dengan kapur sirih lalu dioleskan ke bagian kulit yang menderita panu.
  • Menyembuhkan pegal linu degan cara melumatkan belimbing wuluh dengan cengkeh dan lada lalu dutempelkan ke bagian yang sakit.

Berbagai manfaat buah belimbing wuluh bagi kesehatan tersebut, tentunya tidak leoas dari banyaknya kandungan senyawa yang sangat baik bagi tubuh. Kandungan kalium di dalamnya mampu melancarkan dahak dan menurunkan demam. Selain itu, belimbing wuluh juga bisa mengobati asma (sesak napas) dan alergi. Demikian banyak manfaatnya, buah yang mungkin dianggap remeh ini. Kecil bentuknya, tetapi khasiatnya sangat banyak.

Related Posts