Manfaat Cuka Apel Tahesta

 Kesehatan

Apel sudah lama dikenal sebagai buah kaya vitamin dan mineral sehingga berlimpah manfaat dan khasiatnya. Ada banyak dari olahan apel yang juga bisa dikonsumsi untuk menunjang kesehatan dan juga untuk pengobatan berbagai macam penyakit, misalnya jus apel, keripik apel, manisan apel, asinan apel, dan yang saat ini tengah popular adalah cuka apel. Salah satu jenis cuka apel yang banyak diminati adalah cuka apel Tahesta. Selain rasa dan keasliannya, manfaat cuka apel Tahesta juga menjadi alasan banyak orang menggemarinya. Cuka apel telah lama dipercaya sebagai obat berbagai macam penyakit. Tak ada salahnya Anda mencoba mengonsumsinya jika kenyataannya memang sangat berkhasiat bagi tubuh manusia.

Cuka apel adalah minuman yang diperoleh dari hasil fermentasi buah apel, biasanya yang digunakan adalah buah apel Anna. Awalnya, cuka apel biasa dipakai untuk penambah rasa asam alami pada masakan. Cuka apel juga seringkali dipakai untuk mengawetkan makanan seperti sayur, daging, dan acar. Menurut ilmu kesehatan, cuka apel sangat berperan dalam membantu program penurunan berat badan atau diet, menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh, meredakan arthritis, dan mencegah terjadinya proses penuaan pada kulit. Ada dua jenis cuka apel yang beredar di pasaran, yakni cuka apel yang terbuat dari fermentasi sari apel dan cuka apel yang terbuat dari sari apel beralkohol (cider). Kandungan alkohol di dalam cider sebanyak 5,85%.

1

Sebelum diolah menjadi cuka apel, buah apel sendiri sudah kaya akan manfaat sehingga tidak aneh bila cuka apale juga kaya akan khasiat. Manfaat cuka apel Tahesta bisa didapatkan karena kandungan beberapa nutrisi di dalamnya. Cuka apel mengandung asam asetat yang mampu membunuh jamur dan bakteri yang ada di saluran pencernaan. Kandungan lain dari cuka apel adalah pectin, yakni salah satu jenis serat baik yang mudah larut dalam air sehingga bisa membantu penyerapan air, lemak, kolesterol, dan racun yang ada di dalam saluran pencernaan dan membuang sisa zat-zat yang tidak dibutuhkan oleh tubuh.

Khasiat dan manfaat dari cuka apel secara lebih lengkap adalah sebagai berikut.

  • Mengurangi nafsu makan berlebih karena kandungan serat dalam apel yang mampu memberikan rasa kenyang lebih lama.
  • Menyembuhkan luka dan mengurangi rasa gatal pada luka yang akan sembuh
  • Merawat wajah dan menghilangkan flek hitam pada wajah.
  • Menstabilkan tekanan darah dan meredakan keluhan pembuluh darah.
  • Mencegah risiko kanker usus
  • Mengatasi reumatik karena kandungan kalium di dalamnya mampu mengurangi pengendapan kristal asam di sekitar tulang.
  • Mengobati dan juga mencegah sembelit atau konstipasi
  • Menghilangkan noda di gigi dengan cara berkumur dengan cuka apel.
  • Menyehatkan dan menyuburkan rambut
  • Menyembuhkan rasa pegal dan capek di kaki karena bisa menarik laktat yang menjadi penyebab rasa pegal tersebut.
  • Sebagai obat penyakit jantung dan menjaga fungsi organ jantung.

Dari uraian mengenai manfaat cuka apel tahesta tersebut, kita bisa mengetahui bahwa cuka apel bisa berkhasiat untuk banyak hal. Tak hanya baik bagi kesehatan, melainkan juga baik bagi kesehatan rambut dan kulit. Bagaimana? Tertarik untuk mencoba mengonsumsi cuka apel mulai dari sekarang? Tak ada salahnya mencoba hal baru bila memang baik bagi kesehatan tubuh kita.

Related Posts